Berita Kerinci

Cegah Penyakit Cacar Monyet PHBS, Dinkes Kerinci Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

Dinas Kesehatan Kerinci mengajak masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai upaya dalam mencegah berbagai penularan penyak

Penulis: Herupitra | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Marcel Hartawan
Seorang anak di Desa Negalsari yang diduga terkena cacar monyet. 

TRIBUN JAMBI.COM, KERINCI - Dinas Kesehatan Kerinci mengajak masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai upaya dalam mencegah berbagai penularan penyakit termasuk penyakit cacar monyet (Monkeypox).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci, Hermendizal mengatakan, meski hingga saat ini kasus cacar monyet belum ditemnukan di Kabupaten Kerinci, namun hal ini perlu diwaspadai bersama.

"Salah satu upaya yang tepat dilakukan yakni menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan," kata Hermendizal.

Disampaikannya, hal itu dilakukan menyikapi pernyataan organisasi kesehatan dunia atau WHO yang menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global, karena telah meluasnya wabah cacar monyet ke lebih dari 70 negara, sehingga harus menjadi perhatian masyarakat seluruh dunia. Selain menerapkan PHBS, peran serta keluarga atau orang tua dalam menjaga dan aktif memantau kesehatan anak-anak juga penting.

"Jika terjadi gejala gangguan kesehatan terhadap anak-anak, orang tua harus segera membawa mereka kefasilitas kesehatan maupun rumah sakit agar dapat segera ditangani," tambahnya.

Selain itu, warga juga diminta tidak perlu panik dengan berbagai virus baru yang saat ini banyak ditularkan dari hewan peliharaan, karena virus cacar monyet belum ditemukan di Kabupaten Kerinci.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Sehari Kenaikan BBM Terjadi Antrean Panjang di SPBU Kuala Tungkal

Baca juga: Sandiaga Uno Kunjungi UMKM Corner Bandara Sultan Thaha Jambi

Baca juga: Diskoperindag Muaro Jambi Dorong Semua UMKM Punya NPWP

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved