Brigadir Yosua Tewas Ditembak

Komnas HAM Meyakini Putri Candrawathi Alami Kekerasan Seksual di Magelang, Sambo Minta Ubah Lokasi

Meski laporan Putri Candrawathi terkait pelecehan sudah di SP3, namun Komnas HAM tetap meyakini jika Putri Candrawathi mengalami kekerasan seksual

Editor: Suci Rahayu PK
ist
Putri Candrawathi, Brigadir J, dan Irjen Ferdy Sambo. Pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, mengungkapkan Irjen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi sempat bertengkar saat di Magelang. 

TRIBUNJAMBI.COM - Meski laporan Putri Candrawathi terkait pelecehan sudah di SP3, namun Komnas HAM tetap meyakini jika Putri Candrawathi mengalami kekerasan seksual dari Brigadir J alias Brigadir Yosua.

Keyakinan Komnas HAM ini berdasarkan pengakuan Putri Candrawathi.

Sebelumnya disebutkan dugaan pelecehan seksual terjadi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, namun dari pengakuan Putri Candrawathi pelecehan seksual terjadi di Magelang.

Tersangka Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi saat menjalani rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Tim Khusus (Timsus) Polri menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.
Tersangka Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi saat menjalani rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Tim Khusus (Timsus) Polri menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Atas pengakuan ini, dugaan pelecehan seksual Putri Candrawathi kembali mendapatkan perhatian.

Kepada Komnas HAM, Putri Candrawathi bersikukuh mengaku menerima tindak kekerasan seksual oleh Brigadir J.

Namun, Putri Candrawathi diminta Ferdy Sambo untuk mengubah keterangan lokasi, dari yang sebenarnya terjadi di Magelang, menjadi di rumah dinas Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Keterangan ini diperoleh dari hasil pemeriksaan Komnas HAM bersama Komnas Perempuan kepada Putri Candrawathi, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Update Kasus Irjen Ferdy Sambo 6 Perwira Polri Tersangka Obstraction of Justice, Ini Peran Mereka

Baca juga: Putri Candrawati Sakit, Brigadir Yosua Ajak Bharada E Bopong Istri Ferdy Sambo ke Kamar

"Karena dia bilang sebetulnya yang terjadi (kekerasan seksual) itu di Magelang, 'Saya disuruh (oleh Ferdy Sambo) untuk mengakui kejadian itu terjadi di Duren Tiga'," kata Taufan, Senin (29/8/2022) dikutip dari Kompas.com.

Namun, Taufan mengatakan pengakuan Putri Candrawathi tidak bisa dibuktikan lebih lanjut, sebab penjelasannya selalu berubah-ubah.

Oleh karena itu, hal ini menjadi tugas penyidik untuk mendalami bukti-bukti apakah benar terjadi kekerasan seksual terhadap istri Ferdy Sambo itu.

Keterangan serupa juga pernah disebutkan oleh Ferdy Sambo.

Menurut Ferdy Sambo, ada perbuatan tidak senonoh yang dilakukan Brigadir Yosua terhadap istrinya sehingga membuatnya geram dan merencanakan pembunuhan.

"Kita tanya kenapa (melakukan pembunuhan), karena dia marah karena sesuatu yang menurut dia perbuatan yang tidak senonoh yang dilakukan Yosua terhadap istrinya, itu versi dia," jelas Taufan.

Dalam laporan rekomendasi kasus Brigadir J yang dirilis Kamis (1/9/2022), Komnas HAM mengungkap ada dugaan kuat kekerasan seksual terhadap Putri Candrawathi yang dilakukan oleh Brigadir J.

Sebagaimana keterangan Putri Candrawathi, kekerasan itu disebut bukan terjadi di Jakarta, melainkan Magelang.

"Terdapat dugaan kuat terjadi peristiwa kekerasan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J kepada Saudari PC di Magelang tanggal 7 Juli 2022," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara dalam konferensi pers di kantornya, Kamis.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Putri Candrawathi Bersikukuh Katakan Alami Kekerasan Seksual di Magelang, Penyidik Diminta Dalami, 

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Adegan 15 Detik Nathalie Holscher Lakukan Ini ke Frans Faisal Ditonton 4 Juta Kali, Tangan Disorot

Baca juga: Update Kasus Irjen Ferdy Sambo 6 Perwira Polri Tersangka Obstraction of Justice, Ini Peran Mereka

Baca juga: Putri Candrawati Sakit, Brigadir Yosua Ajak Bharada E Bopong Istri Ferdy Sambo ke Kamar

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved