Berita Tanjabbar

2022 Penambahan Pengidap HIV di Tanjabbar Satu Pasien

Pengendalian kasus HIV di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) sangat baik. Tahun 2010 tercatat 13 pasien dan tahun 2022 terjadi penambahan 1 pa

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Ade Setyawati
Yundri Wasor TBC dan HIV Kab. Tanjung Jabung Barat saat di konfirmasi di Dinkes Tanjabbar. 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Pengendalian kasus HIV di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) sangat baik. Tahun 2010 tercatat 13 pasien dan tahun 2022 terjadi penambahan 1 pasien, Kamis (1/9).

Tanjabbar berada di peringkat 2 kasus HIV se-Provinsi Jambi. Namun meskipun begitu, pengendalian kasus HIV di Kabupaten Tanjabbar semakin baik.

Terbukti dari setiap tahun kasus pengidap HIV di Tanjabbar semakin menurun, puncak dari tingginya kasus HIV di Tanjabbar pada tahun 2012 dan 2019 yaitu masing-masing sebesar 13 kasus.

Yundri Wasor TBC dan HIV Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengatakan menurut prevelensi 2010 - 2022 pengidap HIV 95 pasien, dari tahun 2019 setiap tahun mengalami penurunan.

Baca juga: Ayah Brigadir Yosua Tanggapi Kak Seto yang Hanya Perhatikan Anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi

Baca juga: Kasus Demam Dengue dan DBD di Tanjabtim Meningkat Signifikan

"Setiap tahun pasien pengidap HIV semakin menurun, tahun 2019 penambahan 13 orang, 2020 penambahan 9 orang, tahun 2021 penambahan 4 orang dan tahun 2022 penambahan 1 orang. Dan 1 pasien itu pun sekarang tinggal di Jambi, dan melakukan pengobatan di Jambi," jelasnya.

Yundri melanjutkan penyebab terjadinya penurunan angka tersebut karena semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terkait bahaya seks bebas.

Selain kesadaran yang semakin meningkat, pelabuhan pintu masuk ke Kuala Tungkal dari kota lain juga dilakukan screeaning.

"Orang luar yang masuk ke Tungkal kita screening semua, dan kami bekerjasama dengan org pelabuhan. Jadi orang luar masuk ke Tungkal aman," tambahnya.

"Tapi pemeriksaan ini tidak dipaksakan, boleh menolak di periksa dan akan kita arahkan isi formulir dan kita juga meng-imbau untuk tidak melakukan seks bebas disini," tutupnya. (Tribunjambi.com/Ade Setyawati)

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Pinto Jayanegara Harapkan Hauling Batubara Berdampak Buka Lapangan Kerja Masyarakat Lokal

Baca juga: Kemas Al Farabi Ingatkan Pemprov Jambi Fokus Pada Pelebaran Jalan di Exit Tol

Baca juga: Ayah Brigadir Yosua Tanggapi Kak Seto yang Hanya Perhatikan Anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved