Berita Jambi

Polda Jambi Tangkap 48 Tersangka Penyalahgunaan BBM Solar Subsidi, Ini Pesan Dirreskrimsus

Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Christian Tory mengaku akan menindak tegas pelaku yang menyalahgunakan bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis so

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
TRIBUNJAMBI.COM/ARYO TONDANG
Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Christian Tory (Nomor 2 dari kiri) dan Kasubdit Tipidter serta Kasat Reskrim melakukan rilis kasus Ilegal Driling dan penyalahgunaan BBM Subsidi jenis Solar di Mapolda Jambi, Rabu (31/8/2022). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Christian Tory mengaku akan menindak tegas pelaku yang menyalahgunakan bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis solar.

Hal tersebut diungkapkan Tory, saat merilis 48 tersangka dari 16 kasus perdagangan BBM subsidi jenis solar.

Di mana dalam kasus ini, kata Tory, para pelaku membeli BBM subsidi jenis solar dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), kemudian menjual ke pada truk batu bara atau kegiatan industri serta masyarakat dengan harga di bawah harga BBM Solar Industri dan di atas harga subsidi.

Untuk mengelabui petugas, para pelaku ini sengaja memodifikasi kendaraan, dengan memasang tanki tambahan di dalam mobil, agar dapat membeli BBM dari SPBU dalam jumlah yang besar.

Ia meminta, agar pengelola dan pengusaha SPBU agar BBM subsidi disalurkan ke pada masyarakat yang berhak, bukan ke pada kegiatan industri.

"Jangan pakai BBM subsidi untuk kegiatan pertambangan, karena itu diperuntukkan bagi masyarakat," kata Tory, Rabu (31/8/2022).

"Kami minta seger hentikan, bila mana kami masih menemukan hal tersebut, kami akan melakukan penindakan hukum ke oada yang terbukti melanggar," tegasnya.

Diketahui, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi dan Polres jajaran meringkus 111 pelaku ilegal driling dan penyalahgunaan BBM Subsidi jenis solar di Provinsi Jambi.

Ratusan pelaku ini, diamankan dari 82 kasus, baik ilegal driling maupun penyalahgunaan BBM Subsidi jenis solar, sejak Januari 2022 hingga saat ini.

Direktur Kriminal Khusus Polda Jambi, Kombes Pol Christian Tory, atau Christo mengatakan, dari pelaku ini, pihaknya amankan 12 unit truk diduga pengangkut BBM, 1 unit tronton roda 12, 38 unit mobil, 27 unit sepeda motor dan 2 unit kapal tugboat, serta165 ribu liter lebih BBM ilegal.

Untuk kasus penyalahbunaan atau perdagangan BBM Subsidi jenis solar, kata Christo, terdapat 48 tersangka dari 16 kasus.

Barang bukti hasil kegiatan penyalahgunaan BBM Subsidi ini terdapat 74.659 liter BBM jenis solar subsidi, 17 ribu liter minyak tanah dan 1000 liter pertalite.

"Jadi total barang bukti BBM itu ada 165 ribu liter, baik barang bukti BBM subsidi dan ilegal driling," kata Christo, Rabu (31/8/2022).

Tory menjelaskan, ini merupakan tindak lanjut atas perintah Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam hal menindak segala bentuk kegiatan ilegal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved