Kebun Sawit 1.002 Hektar Surya Darmadi di Batanghari Jambi Disita Kejagung

aset Surya Darmadi yang disita beruta tanah dan bangunan yang beradal di Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Maro Sebu Ulu, Kabupaten Batanghari,

Editor: Suci Rahayu PK
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Petugas Kejaksaan Agung mengawal tersangka kasus dugaan korupsi Surya Darmadi (tengah) saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (18/8/2022). Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung melanjutkan pemeriksaan terhadap Surya Darmadi terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi, pencucian uang, dan penguasaan lahan sawit yang diperkirakan merugikan negara mencapai Rp78 triliun. 

TRIBUNJAMBI.COM - Sejumlah aset Surya Darmadi (SD) disita Direktorat Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung).

Surya Darmadi sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Rp 78 triliun.

Dikatakan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung RI Ketut Sumedan aset Surya Darmadi yang disita beruta tanah dan bangunan yang beradal di Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Maro Sebu Ulu, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.

Aset tanah dan bangunan yang disita itu sekitar 1.002 hektare.

"Kembali melakukan penyitaan terhadap aset yang terkait dengan Tersangka SD berupa 1 (satu) bidang tanah dan bangunan sesuai Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGU) Nomor 8," ungkap Ketut dalam keterangannya, Jumat (26/8/2022).

Menurut dia, tanah yang disita merupakan kebun milik PT Delimuda Perkasa Kantor Besar atau Kebun Sei Rengas.

Tanah itu juga diduga terafiliasi dengan PT Duta Palma Group. Adapun penyitaan dilaksanakan berdasarkan Penetapan Ketua Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jambi Nomor : 6/Pen.Pid.Sus-TPK/2022/HK tanggal 24 Agustus 2022 dan Surat Perintah Penyitaan Direktur Penyidikan Nomor Print -160/F.2/Fd/07/2022 tanggal 20 Juli 2022 jo Print-233/F.2/Fd/07/2022 tanggal 24 Agustus 2022.

Baca juga: Sarmauli Simangunsong Dampingi Putri Candrawathi ke Bareskrim Polri

Baca juga: Harga Cabai, Bawang dan Ayam di Jambi Jumat (26/8/2022), Cabai Rawit Rp 45 Ribu per Kg

"Setelah dilakukan penyitaan, dilanjutkan dengan pemasangan plang tanda penyitaan dan tindakan pengamanan terhadap aset tersebut," imbuh Ketut.

Penyitaan dilaksanakan oleh Tim Penyidik Kejaksaan Agung bersama dengan Kejaksaan Tinggi Jambi dan Kejaksaan Negeri Batanghari.

Penyitaan dilakukan guna kepentingan penyidikan terhadap perkara tindak pidana pencucian uang dengan tindak pidana asal yaitu tindak pidana korupsi dalam kegiatan usaha perkebunan kelapa sawit yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu atas nama tersangka Surya Darmadi.

Sebelumnya, Kejagung telah menyita helikopter dan 32 aset milik tersangka Surya. Aset tersebut di antaranya bangunan, kebun sawit, hingga hotel

Surya Darmadi terjerat kasus di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejagung.

Pada awal Agustus lalu, Kejaksaan Agung menetapkan Surya Darmadi sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyerobotan lahan seluas 37.095 hektar di Riau.

Ia dijerat bersama Bupati Kabupaten Indragiri Hulu periode 1999 sampai dengan 2008 Raja Thamsir Rachman (RTR).

Selain itu, Kejaksaan Agung juga menetapkan Surya Darmadi sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Di kasus penyerobotan lahan, negara diduga mengalami kerugian perekonomian hingga Rp 78 triliun.

Sementara itu, terkait perkara di KPK, Surya Darmadi terseret kasus dugaan suap revisi fungsi perhutanan Provinsi Riau ke Kementerian Kehutanan. Perkara ini turut menjerat mantan Gubernur Riau saat itu Annas Maamun ke penjara.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kejagung Sita Tanah Seluas 1.002 Hektare di Jambi Terkait Kasus Surya Darmadi",

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Sarmauli Simangunsong Dampingi Putri Candrawathi ke Bareskrim Polri

Baca juga: Harga Cabai, Bawang dan Ayam di Jambi Jumat (26/8/2022), Cabai Rawit Rp 45 Ribu per Kg

Baca juga: Putri Candrawathi Perdana Diperiksa sebagai Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved