Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen - Pakai Perkataan yang Membangun

Bacaan ayat: Efesus 4:29 (TB) Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu,

Editor: Suci Rahayu PK
Instagram @ferinugroho77
Pdt Feri Nugroho 

Pakai Perkataan yang Membangun

Bacaan ayat: Efesus 4:29 (TB) Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

Oleh Pdt Feri Nugroho

Latah adalah meniru-niru perbuatan, sikap atau kebiasaan orang lain. Secara medis, hal ini terkait kondisi syaraf tertentu yang mengalami gangguan.

Orang yang latah tidak memberikan penilaian terhadap yang dilakukannya. Ia hanya melakukan begitu saja apa yang dilihat, atau apapun yang diminta.

Dan secara spontan melakukan apa yang diperintahkan.

Secara sekilas, terlihat menguntungkan jika yang ditiru adalah hal baik. Faktanya, justru lebih banyak hal buruk yang dilakukan.

Sedikit sentuhan yang mengagetkan, cukup membuat seseorang yang latah untuk berkata-kata kotor dalam bentuk caci maki yang tidak terduga.

Maka perlu disadari bahwa orang latah bisa menjadi korban kejahatan. Bisakah dihilangkan? Bisa!

Meskipun memang perlu terapi, terutama terkait dengan pikiran; seseorang yang latah perlu disadarkan bahwa ia mempunyai kendali atas tubuhnya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved