Durian Legit Produksi Melejit

Siapa yang tak tau legit dan wanginya buah durian, buah yang dijuluki sebagai raja buah ini memang menjadi primadona

Editor: Rahimin
istimewa
Jika dilihat dari angka statistik, Provinsi Jambi pada 2021 mampu menghasilkan 262,094 kuintal durian atau 2,620.94 Ton 

Durian Legit Produksi Melejit

Oleh : Arifin Hidayat, A.Md.
Fungsional pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Tebo

TRIBUNJAMBI.COM - Musim durian telah tiba terlihat di sepanjang jalan Lintas Muara Bungo – Jambi Km 4 Kota Muara Tebo banyak para pedagang-pedagang durian yang menjajakan durian di pinggir-pinggir jalan, dan banyak juga para pecinta durian mampir untuk menikmati buah tahunan ini.

Siapa yang tak tau legit dan wanginya buah durian, buah yang dijuluki sebagai raja buah ini memang menjadi primadona dikalangan buah-buahan lainnya, meski tergolong menjadi buah tahunan namun selalu ditunggu oleh banyak penggemarnya.

Daging buahnya yang legit, rasa buahnya yang manis dengan aroma yang khas menjadi daya Tarik tersendiri untuk menjadikan buah ini ditunggu setiap tahunnya.

Buah durian sendiri tersebar dari pulau sumatera hingga ke pulau papua dengan berbagai jenis dan khas sesuai daerah masing-masing.

DProv Jambi sendiri hampir setiap Kabupaten mampu memproduksi durian.

Jika dilihat dari angka statistik, Provinsi Jambi pada 2021 mampu menghasilkan 262,094 kuintal durian atau 2,620.94 Ton.

Untuk Kabupaten Tebo sendiri produksi durian pada 2021 mencapai 247.77 ton durian dan pada 2022 untuk triwulan ke 2 produksi durian tebo tercatat 49.63 ton.

Ini mencatatkan kenaikan hingga 31 persen dibandingkan triwulan ke -2 tahun lalu, jika dilihat dari kenaikan produksi hingga triwulan ke 2 tahun 2022 dapat di proyeksikan produksi durian tahun ini di Kabupaten Tebo dapat meningkat, dengan harga jual rata-rata petani mencapai Rp 12,600,-/kilogramnya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi para petani durian di tahun ini.

Durian juga menjadi komuditas pada Sensus Pertanian 2023 yang akan dilakukan oleh BPS Republik Indonesia, untuk menjawab kebutuhan data pertanian baik di level nasional maupun di level global, yuk sukseskan ST2023 info lebih lengkapnya cek di www.bps.go.id. (Data Jambi/BPS Kabupaten Sarolangun)

Informasi Indikator Statistik dan Data Jambi terkini dapat diakses melalui jambi.bps.go.id dan Sosial Media BPS Provinsi Jambi (IG, FB, dan Youtube BPS Provinsi Jambi).

Ayo persiapkan diri menyambut pelaksanaan Sensus Pertanian 2023

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Potret Internet di Kabupaten Sarolangun

Baca juga: Pojok Statistik Unja : Langkah Nyata BPS Provinsi Jambi Meningkatkan Literasi Statistik di Akademisi

Baca juga: Inflasi di Jambi Tinggi, BPS Paparkan Komoditi Penyumbangnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved