Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen - Bersikap Tenang dalam Segala Keadaan

Bacaan ayat: Amsal 17:27 (BIMK) Orang yang tajam pikirannya, tidak banyak bicara. Orang yang bijaksana, selalu tenang.

Editor: Suci Rahayu PK
Instagram Kasih Kristen
Ilustrasi renungan Kristen 

Bersikap Tenang dalam Segala Keadaan

Bacaan ayat: Amsal 17:27 (BIMK) Orang yang tajam pikirannya, tidak banyak bicara. Orang yang bijaksana, selalu tenang.

Oleh Pdt Feri Nugroho

Masih ingat peribasa ini? 'Air tenang menghanyutkan. Air beriak tanda tak dalam.' Peribahasa tersebut hendak memberikan peringatan bahwa jangan salah sangka dengan seorang yang tidak banyak bicara. Dibalik kondisi diamnya ada bisa mematikan yang siap disemburkan.

Sementara itu, orang yang terlalu banyak bicara, juga perlu diwaspadai. Sebab tidak jarang materi pembicaraannya hanya hayalan belaka.

Peribasa tersebut juga mengingatkan kita, betapa sukarnya menebak isi hati setiap orang. Karena setiap orang dipengaruhi sedemikian rupa oleh masa lalunya, sehingga bersikap tertentu; atau terkait dengan harapan dimasa depan, sehingga bersikap yang terkesan aneh hari ini.

Memang tidak bisa dihindari, setiap perilaku manusia menyimpan motif terdalam yang hanya diketahui oleh Tuhan. Jangankan orang lain, dirinya sendiri pun sering tidak paham atas tindakan yang ia pilih.

Membaca Amsal, kali ini kita menemukan sebuah kalimat bijak: 'Orang yang tajam pikirannya, tidak banyak bicara. Orang yang bijaksana, selalu tenang.' Jika dalam peribahasa diatas, banyak bicara dan tenang berkonotasi (kata yang terhubung dengan nilai rasa) tidak baik atau buruk, kali ini oleh Amsal justru dipahami dengan makna yang baik.

Tidak banyak bicara, oleh Amsal dikaitkan dengan orang yang berfikir tajam. Ia tidak sembarangan berfikir. Ia kritis terhadap apa yang dipikirkannya.

Berbagai kemungkinan ia perkirakan sehingga siap dengan sikap antisipasinya. Biasanya pemikiran yang tajam terkait dengan wawasan yang luas. Ia tidak dikendalikan oleh keinginan atau kebutuhan, namun melihat dalam cakrawala yang lebih luas.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved