Berita Sarolangun

Ini Syarat Pengajuan Replanting Sawit di Sarolangun

Beberapa kriteria dan syarat replanting sawit di Sarolangun, bagi para petani harus tergabung dalam kelompok kelembagaan dan minimal luasan 50 hektare

TRIBUNJAMBI.COM/ABDULLAH USMAN
Perkebunan sawit di Sarolangun. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Beberapa kriteria dan syarat replanting sawit di Sarolangun, bagi para petani harus tergabung dalam kelompok kelembagaan dan minimal luasan 50 hektare.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Ketahanan pangan hortikultura dan perkebunan Sarolangun Dedi Hendri, menuturkan dalam program replanting tersebut para petani harus mengusulkan minimal 50 H lahan yang akan diperemajakan.

"Maka dari itu mereka harus melalui kelompok yang telah terdaftar di penyuluh, bisa terdiri dari beberapa orang. Agar kuota lahan tadi terpenuhi, bisa saja sesama saudara atau satu kampung yang memiliki lahan, " ujarnya. Jumat (12/8/2022)

"Selain itu sawit yang akan direplanting tadi memang sudah masuk kategori tidak produktif lagi, " sambungnya.

Misal, usia sawit tersebut sudah lebih dari 25 tahun. Dan hasil produksinya selama satu tahun hanya kisaran 10 ton ke bawah. Dalam artian sudah tidak maksimal lagi.

"Atau di bawah 400 kilo perbulan, dalam dua kali masa panen, " ujarnya.

Untuk Kabupaten Sarolangun sendiri, sudah hampir 300 H yang telah kita lakukan replanting sejak tahun 2020 lalu. Dan jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah kedepannya.

"Untuk tahun 2020 ini kita masih dalam tahap peninjauan lokasi dan pengecekan. Setelah semua lengkap baru kita akan eksen lagi, " pungkasnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Meski Penumpang Sepi, Bus ALS di Jambi Tetap Beroperasi

Baca juga: Wakili Pj Bupati, Faisal Harahap Ngetril di Batanghari

Baca juga: Agus Rubiyanto Memastikan Bakal Maju Pada Pilbup Tebo 2024

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved