Berita Jambi

Prakiraan Cuaca di Jambi, Masyarakat di Dua Wilayah Ini Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

Hasil monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) BMKG Jambi menunjukkan sebagian besar wilayah di Provinsi Jambi mengalami hari tanpa hujan kategori Sangat Pen

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Samsul
Ibnu Sulistyono Kepala BMKG Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Hasil monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) BMKG Jambi menunjukkan sebagian besar wilayah di Provinsi Jambi mengalami hari tanpa hujan kategori Sangat Pendek (1-5 hari tanpa hujan).

Puncak Musim Kemarau di sebagian Provinsi Jambi telah diprakirakan BMKG terjadi pada Agustus 2022.

"Wilayah yang sudah memasuki Awal Musim Kemarau di antaranya Sebagian Kab Batanghari, bagian barat daya Kab. Muaro Jambi, Kab. Tanjung Jabung Barat bagian barat, Kab. Tanjung Jabung Timur, Kab. Tebo bagian timur, dan Kab. Sarolangun bagian timur," ujar Ibnu Sulistyono, Kepala BMKG Jambi, Sabtu (13/8/2022).

Dia menjelaskan bulan Agustus dan September 2022 curah hujan diprakirakan dalam kategori Rendah hingga Menengah (50 - 300 mm/bulan) dan di bulan Oktober 2022 dalam kategori Menengah – Tinggi (100 – 400 mm/bulan) dengan sifat hujan Normal hingga Atas Normal.

Dia meminta masyarakat waspada potensi hujan dengan kategori Tinggi di Sebagian Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi pada bulan Oktober 2022.

Waspada juga potensi cuaca ekstrem pada periode kemarau yang basah di tahun ini berupa hujan lebat secara tiba-tiba disertai kilat/petir, angin kencang dan berpotensi mengakibatkan terjadinya pohon tumbang, berkurangnya jarak pandang, genangan, banjir serta tanah longsor pada daerah dataran tinggi khususnya pada waktu sore menjelang malam hari.

"Terjadinya hari tanpa hujan berturut-turut pada musim kemarau yang dapat berdampak terhadap potensi munculnya titik panas dan potensi kemudahan terbakar hutan dan lahan serta berkurangnya air bersih khususnya pada periode musim kemarau sampai bulan September 2022," ujarnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Festival Kuliner Kota Jambi Lombakan Gulai Terjun Masakan Khas Sarolangun

Baca juga: Prilly Latuconsina Mendadak Diajak Nikah Henry Lau: Mau Nggak Ya?

Baca juga: Mbappe Sarankan Karim Benzema Untuk Tak Lagi Memikirkan Ballon dOr Jika Tak Dapat Musim Ini

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved