Khazanah Islam

Tafsir Surat Al Anbiya dan Sebab Turunnya Ayat 6 Surat Al Anbiya

Mengutip kitab Imam As Suyuthi, ada beberapa sebab turunnya ayat ayat dari Surat Al Anbiya. Sebelum kita utarakan asbabun nuzul ayat 6 Surat Al Anbiya

Penulis: Deddy Rachmawan | Editor: Deddy Rachmawan
TRIBUN JAMBI/DEDDY RACHMAWAN
Surat Al Anbiya ayat 6 yang ada di kitab asbabun nuzul Imam As Suyuthi 

TRIBUNJAMBI.COM - Surat Al Anbiya merupakan surat Makkiyah yang memiliki 112 ayat. Sebagaimana namanya, surat ini mengisahkan kisah para Nabi termasuk Nabi Muhammad saw.

Mengutip kitab Imam As Suyuthi, ada beberapa sebab turunnya ayat ayat dari Surat Al Anbiya. Sebelum kita utarakan asbabun nuzul ayat 6 Surat Al Anbiya berikut ini arti ayat 1-6 surat ke-21 dalam Alquran atau Al-Qur'an tersebut.

Arti ayat 1-6 Surat Al Anbiya
1. Telah semakin dekat kepada manusia perhitungan amal mereka, sedang mereka dalam keadaan lalai (dengan dunia), berpaling (dari akhirat).

2. Setiap diturunkan kepada mereka ayat-ayat yang baru dari Tuhan, mereka mendengarkannya sambil bermain-main.

3. Hati mereka dalam keadaan lalai. Dan orang-orang yang zhalim itu merahasiakan pembicaraan mereka, "(Orang) ini (Muhammad) tidak lain hanyalah seorang manusia (juga) seperti kamu. Apakah kamu menerima sihir itu padahal kamu menyaksikannya?"

4. Dia (Muhammad) berkata, "Tuhanku mengetahui (semua) perkataan di langit dan di bumi, dan Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui!"

Baca juga: Penjelasan Asbabun Nuzul Sebab Turunnya Surat Ar Rahman

5. Bahkan mereka mengatakan, "(Al-Qur'an itu buah) mimpi-mimpi yang kacau, atau hasil rekayasanya (Muhammad), atau bahkan dia hanya seorang penyair, cobalah dia datangkan kepada kita suatu tanda (bukti), seperti halnya rasul-rasul yang diutus terdahulu."

6. Penduduk suatu negeri sebelum mereka, yang telah Kami binasakan, mereka itu tidak beriman (padahal telah Kami kirimkan bukti). Apakah mereka akan beriman?

Mengutip situs kemenag.go.id, bahwa tafsir ayat 6 bahwa banyak kaum-kaum yang mengingkari Nabi bahkan mereka menantang agar Nabi memperlihatkan mukjizat mereka.

Arti ayat 6 Surat Al Anbiya: Penduduk suatu negeri sebelum mereka, yang telah Kami binasakan, mereka itu tidak beriman (padahal telah Kami kirimkan bukti). Apakah mereka akan beriman?

Baca juga: Sebab Turunnya Ayat 19 dan Ayat 22 Surat An Nisa, Ketika Anak Ingin Menikahi Istri Ayahnya

"Penduduk suatu negeri, seperti kaum ‘Ad dan Samud, sebelum mereka, yakni orang-orang kafir Mekah, yang telah Kami binasakan, meminta mukjizat fisik kepada para Nabi. Mereka itu tetap tidak beriman, padahal telah Kami kirimkan bukti itu kepada mereka. Apakah mereka, kafir Mekah, akan beriman jika mukjizat fisik yang diminta itu dipenuhi?"

Ayat ini menegaskan bahwa andaikata tuntutan mereka dikabulkan, tetapi nyatanya mereka tetap tidak akan ingkar alias tidak beriman. Kenyataan ini telah terjadi pada kaum musyrikin pada masa-masa sebelumnya.

Imam As Suyuthi mengatakan terkait sebab turunnya ayat 6 Surat Al Anbiya bahwa ada riwayat dari Ibnu Jarir dari Qatadah.

Baca juga: Profil Sahabat Nabi yang Suara Bacaan Alqurannya Membuat Malaikat Ingin Mendengarkan

Para penduduk Makkah berkata kepada Nabi Muhammaf : "apabila yang engkau ucapkan benar dan engkau merasa senang jika kami beriman, maka ubahlah bukit Shafa menjadi emas".

Kemudian malaikat Jibril datang kepada Nabi Muhammad saw dan berkata "apabila engaku mau, maka akan terwujud apa yang menjadi permintaan kaummu. Walakin jika mereka tetap tidak beriman mereka tidak diberi waktu lagi. Apabila engkau mau maka engkau Muhammad juga bisa menangguhkan permintaan kaummu,"

Maka kemudian Allah menurunkan ayat 6 Surat Al Anbiya tersebut.

Demikian tafsir dan asbabun nuzul ayat 6 An Anbiya.

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved