Membangun Harapan Petani Tanaman Pangan Jambi

NTP dibawah 100 artinya petani mengalami defisit. Kenaikan harga barang produksi relatif lebih kecil dibandingkan dengan kenaikan harga barang/jasa

Editor: Rahimin
ist
Membangun Harapan Petani Tanaman Pangan Jambi 

Membangun Harapan Petani Tanaman Pangan Jambi

Penulis : Budi Hartono, S.ST, M.Si.

(Statistisi Ahli Muda, BPS Provinsi Jambi)

TRIBUNJAMBI.COM - Sejak awal tahun hingga Juli 2022, para petani tanaman pangan yang diantaranya adalah petani padi dan palawija, menjalani hari-hari dengan senyum getir.

Hal ini karena subsektor tanaman pangan yang masih nampak lesu, salah satu indikatornya adalah nilai tukar petani (NTP) subsektor ini yang selalu dibawah 100 dan dalam tujuh bulan terakhir terus tergerus mengalami penurunan.

NTP di bawah 100 artinya petani mengalami defisit. Kenaikan harga barang produksi relatif lebih kecil dibandingkan dengan kenaikan harga barang/jasa konsumsi dan biaya produksi. NTP merupakan indikator proxy kesejahteraan petani.

NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan/daya beli petani di perdesaan. NTP juga menunjukkan daya tukar (terms of trade) dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi.

NTP mempunyai kegunaan untuk mengukur kemampuan tukar produk yang dijual petani dengan produk yang dibutuhkan petani dalam produksi dan konsumsi rumah tangga. Angka NTP menunjukkan tingkat daya saing produk pertanian dibandingkan dengan produk lain. Atas dasar ini upaya produk spesialisasi dan peningkatan kualitas produk pertanian dapat dilakukan.

NTP subsektor tanaman pangan, yang didalamnya dibangun oleh petani padi dan palawija, pada bulan Januari 2022 tercatat sebesar 99,27. Kemudian turun 0,16 persen di Februari 2022 menjadi 99,12.

Pada Maret 2022 turun 1,75 persen menjadi 97,38. Pada April 2022 turun kembali sebesar 1,99 persen menjadi 95,44.

Halaman
1234
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved