Penyusunan Laporan Keuangan Semester I 2022 Badan Pusat Statistik Kota Jambi Sudah Sakti

Badan Pusat Statistik khususnya Badan Pusat Statistik Kota Jambi kini mulai melakukan penyusunan Laporan Keuangan

Editor: Rahimin
Istimewa
Badan Pusat Statistik khususnya Badan Pusat Statistik Kota Jambi kini mulai melakukan penyusunan Laporan Keuangan 

TRIBUNJAMBI.COM - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah secara resmi menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan Tahun 2021 kepada Kepala Badan Pusat Statistik dengan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada 18 Juli 2022.

Untuk mempertahankan capaian tersebut, Badan Pusat Statistik khususnya Badan Pusat Statistik Kota Jambi kini mulai melakukan penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun Anggaran 2022.

Proses penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2022 mewajibkan bagi seluruh Satuan Kerja termasuk Badan Pusat Statistik Kota Jambi, menggunakan aplikasi SAKTI secara full modul.

Adapun tahap awal dari pelaksanaan SAKTI full modul ini adalah dilakukannya migrasi saldo awal dari aplikasi E- Rekon kedalam aplikasi SAKTI. 

Migrasi Saldo awal Sakti yang dimaksud, dalam rangka pelaksanaan Migrasi Data Saldo Awal dan Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Semester I melalui SAKTI Tahun 2022 yang dilakukan oleh operator GLP (General Ledger Pelaporan) dan operator aset dan persediaan Badan Pusat Statistik Kota Jambi.

Proses migrasi saldo awal dimulai dari mencocokkan data pada aplikasi E-Rekon dan SAKTI, jika semua data dianggap sama dan sesuai, selanjutnya operator aset dan persediaan akan mengirimkan ADK dengan melakukan Finalisasi data terlebih dahulu yang kemudian akan dilakukan proses Tutup Buku oleh Operator GLP.

Langkah terakhir setelah melakukan tutup buku pada Modul operator GLP adalah mengupload Berita Acara pada aplikasi MONSAKTI, yaitu berita acara modul aset tetap, berita acara modul persediaan dan berita acara modul GLP.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Data Badan Pusat Statistik, Ketimpangan Pengeluaran Penduduk Jambi Meningkat

Baca juga: Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi Rilis Data Kemiskinan, Ini Penjelasannya

Baca juga: Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi Selesaikan Sensus Penduduk Lanjutan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved