Mengajukan Surat Permohonan ke PN Tebo Kini Bisa Via Online

Tahun ini ada puluhan desa di Kabupaten Tebo menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Penulis: Sopianto | Editor: Teguh Suprayitno
istimewa
Humas PN Julian Leonardo Marbun. 

TRIBUNJAMBI.COM,MUARA TEBO- Tahun ini ada puluhan desa di Kabupaten Tebo menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Banyak persayaratan untuk mencalonkan diri ketika maju pada pilkades.

Salah satunya surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana dan surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya yang dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Tebo.

Seiringan dengan perkembangan teknologi banyak kemudahan yang bisa diakses melalui internet. Saat ini PN Tebo sudah bisa mengajukan surat permohonan secara online di website Elektronik Surat Keterangan (Eraterang). 

Hal itu dibenarkan Humas PN Tebo Julian Leonardo Marbun, Rabu (3/8/2022). 

"Iya benar saat ini Pengadilan Negeri (PN) Tebo sudah dapat mengajukan surat permohonan tersebut secara online di website atau Elektronik Surat Keterangan (Etaterrang),bagi para bakal calon nantinya," terangnya. 

Dikatakan Julian, pengajuan secara online ini dinilai akan memudahkan masyarakat untuk mengajukan permohonan surat keterangan di Pengadilan Negeri Tebo.

Baca juga: Akhir 2023 Nanti di Kabupaten Tebo Bakal Produksi Minyak Goreng

Lanjutnya, karena masyarakat tidak perlu lagi datang ke gedung pengadilan untuk mengurus surat keterangan yang diperlukan, cukup secara online dengan mengakses halaman https://eraterang.badilum.mahkamahagung.go.id/ yang dapat dilakukan melalui seluruh perangkat komunikasi.

Pada website eraterang, masyarakat awalnya mendaftarkan akunnya menggunakan email pribadi, lalu mengajukan permohonan pengajuan surat keterangan yang dibutuhkan dilanjutkan dengan mengupload dokumen elektronik syarat dan kelengkapan yang harus dilengkapi.

Kemudian dari Pengadilan Negeri Tebo melakukan verifikasi berkas dan cek basis data perkara nasional, selanjutnya petugas mencetak surat keterangan dan Pemohon datang ke Pengadilan Negeri Tebo untuk mengambil surat keterangan dan menyerahkan dokumen asli kelengkapan permohonan surat keterangan tersebut.(Tribunjambi.com/Sopianto)

Baca juga: Harga Sawit di Tebo Selasa (2/8/2022) Rp 1.000

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved