Langkah Zulkifli Hasan Naikkan Harga Sawit Menjadi Rp2.000 Buat Petani Jambi Semringah

Pernyataan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) bikin petani sawit di Batanghari, Jambi semringah.

Penulis: A Musawira | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Musawira
Mentri Perdagangan Zulkifli Hasan usai acara peletakan batu pertama pabrik minyak sawit masa depan di Desa Simpang Jelutih, Batin XXIV pada Selasa (2/8/2022) kemarin. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Pernyataan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) bikin petani sawit di Batanghari, Jambi semringah.

Pasalnya, sambutan Mendag Zulhas menyatakan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit dalam satu atau dua minggu ke depan mencapai Rp 2.000.

Hal ini disampaikan dihadapan para petani Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi dalam acara peletakan batu pertama pabrik minyak sawit masa depan di Desa Simpang Jelutih, Batin XXIV pada Selasa (2/8/2022) kemarin.

Menurut Zulhas atas arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo bahwa Mentri Perdagangan lakukan segala sesuatu agar TBS kelapa sawit di atas Rp 2.000.

“Saya sudah lakukan, yang pertama saya minta ke Mentri Keuangan ada pungutan ekspor 200 dollar. Lalu, saya sampaikan ke Pak Luhut kita mungut 200 dollar. Pemerintah dapat duit untuk BPKD PKS tapi rakyat yang sengsarah. Pemerintah ada kan untuk rakyat, jadi saya minta pajak dihapus agar uang ini dibagikan ke rakyat,” katanya.

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan Dukung Peningkatan Kesejahteraan Petani Sawit dengan Inovasi Teknologi

Dikatakan Zulhas bahwa 200 dollar yang dipending pungutan itu kalau dirupiahkan menjadi Rp3.000. Sedangkan, 1 kilogram CPO terdiri dari lima TBS kelapa sawit aritnya Rp3.000 dibagi 5 ketemu Rp600. 

“Kalau harga kemarin Rp1.200 pengusaha gakusah nambah lagi. Pemerintah yang ngasih Rp600 harusnya sudah menjadi Rp1.800 kalau harga sebelumnya Rp1.200,” ucapnya.

Dengan demikian petani bisa protes kalau harga TBS kelapa sawit belum Rp 1.800 dalam satu atau dua hari ini.

Ia minta kepada petani untuk komplain ke Bupati, minta Bupati dipanggil PKS-PKS ini. Karena 200 dollar tidak lagi diambil bahkan sudah hampir dua minggu ini.

Baca juga: Zulkifli Hasan Pastikan Harga Sawit Naik Jadi Rp2.000 Minggu Depan

Kemudian yang ke dua, yang dilakukan Zulhas dan Mentri terkait tentu, di bawah pimpinan Mentri Koordinator Bidang Kemaritiman serta arahan dari Presiden RI bahwa dasar perhitungannya dulu satu bulan untuk frekuensi penentuan harga. 

“Kalau satu bulan dasarnya 1.500 dollar per ton. Saat ini di bawah 1.000. Oleh karena itu biar keluar yang 288 dollar begitu hitungannya dua minggu kenanya cuman 50 sekian dollar jadi adalagi dana 230 dollar. Ditambah, yang dipungut pemerintah tidak jadi dipungut, karena dana itu juga untuk rakyat agar harga TBS naik,” ujarnya.

Ketua Umum PAN ini berujar jadi harusnya harga TBS kelapa sawit dalam satu atau dua minggu ke depan sudah di atas Rp 2.000. 

Baca juga: Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar Angso Duo Jambi, Zulkifli Hasan: Harga Aman

“Kalau belum di atas Rp 2000. Petani bisa komplain ke bupati untuk memanggil para PKS supaya membeli dengan harga yang sudah diedarkan Kementrian Pertanian dan juga sudah dilakukan peraturan untuk mendukung harga TBS Rp2000 itu,” jelasnya.

Ia meminta kepada Bupati untuk temui petani tanya persoalannya apa, kepala daerah harus menjawab dan merespon persoalan yang dihadapi oleh rakyatnya. Jadi petani bisa datang ke bupati melapor agar bupati memanggil PKS-PKS ini.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved