Status Jambi Berubah Dari Normal ke Siaga Karhutla, Ini Yang Akan Dilakukan Satgas

Brigjen TNI Supriono mengatakan, dengan kondisi cuaca di Jambi saat ini menjadi warning karhutla, karena lahan bisa cepat kering.

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Rahimin
Tribunjambi.com/Danang Noprianto
Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono mengatakan saat ini status Jambi menjadi siaga karhutla. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Saat ini status Provinsi Jambi berubah dari status normal menjadi siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Soal status Jambi berubah dari normal menjadi siaga kebakaran hutan dan lahan, dikatakan Pelaksana Harian (PLH) Komandan Satgas Karhutla sekaligus Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono.

"Ya, ini tentu ada peningkatan status dari yang biasa normal menjadi siaga. Terkait perkembangan cuaca semakin kesini hujan semakin jarang," ujarnya, Senin (18/7/2022).

Brigjen TNI Supriono mengatakan, dengan kondisi cuaca di Jambi saat ini menjadi warning karhutla, karena lahan bisa cepat kering.

Untuk itu, satgas antisipasi adanya kebakaran seperti tahun lalu.

Brigjen TNI Supriono bilang, sebagai PLH telah mengerahkan segala daya.

"Pertama kami melaksanakan apel evaluasi dan perlengkapan, dalam mengatasi kebakaran tidak terlepas dari alat perlengkapan dan juga evaluasi," katanya.

Kemudian juga melalukan peningkatan keterampilan Sumber Daya Manusianya, dengan membuka latihan gabungan antara seluruh pemangku kebakaran untuk berlatih bersama dan membuat SOP bersama.

"Selain itu Alhamdulillah hari ini kita mendapat kekuatan dari BNPB 4 helikopter untuk penanggulangan becana, 3 helikopter water bombing dan 1 helikopter patroli," kata Brigjen TNI Supriono.

Artinya, kata Brigjen TNI Supriono, kesiapsiagaan ini antara semuanya sudah bersatu padu dalam mencegah kebakaran hutan.

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Begini Solusi Permanen Dalam Pencegahan Karhutla di Jambi dari TNI AD

Baca juga: Dampingi Kasad Dudung, Edi Purwanto: akan Cari Solusi Terkait karhutla dan Ketahanan Pangan

Baca juga: Lakukan Sosialisasi ke Masyarakat Desa, PT IKU Proaktif Cegah Karhutla

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved