Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 di Qatar Akan Menerapkan VAR Offside Semi-Otomatis, Ini Kelebihannya

Setelah uji coba penggunaan teknologi VAR semi-otomatis FIFA mengkonfirmasi akan diterapkan di Piala Dunia 2022 di Qatar

Penulis: Zulkipli | Editor: Zulkipli
Ketua wasit FIFA, Pierluigi Collina menyampaikan penggunaan VAR offside semi otomatis akan diterapkan di Piala Dunia 2022 di Qatar pada akhir tahun ini. 

TRIBUNJAMBI.COM - Ajang Piala Dunia 2022 Qatar yang bakal digelar akhir tahun ini bakal menerapkan VAR offside semi otomatis.

Melalui kepala Wasit Pierluigi Collina, FIFA telah mengonfirmasi akan menggunakan teknologi offside VAR semi-otomatis di Piala Dunia Qatar 2022.

Langkah untuk memperkenalkan kemajuan dalam penggunaan VAR untuk turnamen Piala Dunia 2022 tahun ini, telah berlangsung selama beberapa bulan terakhir.

Setelah uji coba di Piala Arab dan Piala Dunia Antarklub, proses baru yang dapat memangkas pengambilan keputusan VAR dari 70 detik menjadi 25 detik akan di terapkan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Collina, mantan wasit final Piala Dunia ketika ia memimpin kemenangan Brasil atas Jerman di Korea/Jepang 2002, mengatakan sekarang saatnya untuk membawa teknologi semi-otomatis, yang selanjutnya akan meningkatkan pengambilan keputusan.

Al Rihla Bola Piala Dunia 2022 Qatar, diklaim sebagai bola tercepat di sepanjang pagelaran Piala Dunia
Al Rihla Bola Piala Dunia 2022 Qatar, diklaim sebagai bola tercepat di sepanjang pagelaran Piala Dunia (Instagram/@fifaworldcup)

"Kami sangat positif. Sudah siap," katanya seperti dikutip Tribunjambi.com dari FotMob.

"Saya membaca tentang wasit robot. Saya mengerti ini sangat bagus untuk berita utama, tetapi tidak demikian halnya.

Baca juga: Intip Design Terbaru Jersey Timnas Argentina Yang Akan Dipakai Messi Cs di Piala Dunia 2022

“Para ofisial pertandingan masih terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Teknologi semi-otomatis hanya memberikan jawaban ketika seorang pemain dalam posisi offside saat memainkan bola.

"Penilaian untuk mengganggu lawan dan melihat apakah handball atau pelanggaran dilakukan tetap menjadi kebijaksanaan wasit. Tujuan kami adalah membuat wasit mengambil keputusan dengan benar di lapangan.

"Jika terjadi sesuatu yang salah, wasit dapat memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang terjadi, tetapi masih ada ruang untuk diskusi."

Baca juga: Demi Bisa Bermain di Piala Dunia, Luis Suarez Tinggalkan Atletico Madrid ke River Plate

Teknologi semi-otomatis akan menggunakan sensor dalam bola, rig kamera multi-pelacakan khusus, dan 29 titik data cepat pada pemain untuk membantu menghitung posisi yang tepat.

Piala Dunia Qatar 2022 dibuka pada 21 November, dengan Senegal menghadapi Belanda dan Inggris berhadapan dengan Iran sebelum tuan rumah memainkan pertandingan pembukaan resmi melawan Ekuador.

Baca juga: Drawing dan Jadwal Piala Dunia 2022 di Qatar, Kosta Rika jadi Tim Terakhir Lolos, Asia Cetak Sejarah

Simak berita terbaru Tribunjambi.com via Google News

 

 

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved