Pemkab Sarolangun Kecolongan, Rp140 Juta per Tahun Uang Sewa Ruko Nyasar Masuk Kantong Pribadi

Pemerintah Kabupaten Sarolangun kaget selama belasan tahun pedagang setor sewa ke pihak kedua, Kamis (28/6/2022).

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Abdullah Usman
Ketua DPRD Sarolangun, Tantowi ketemu pedagang di Pasar Bawah Sarolangun. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Dari hasil duduk bersama para pedagang, Pemerintah Kabupaten Sarolangun kaget selama belasan tahun pedagang setor sewa ke pihak kedua, Kamis (28/6/2022).

Wacana pemindahan atau relokasi pedagang kaki lima di kawasan Ancol Sarolangun mengungkapkan fakta baru. Dari hasil diskusi bersama pedagang Pemkab Sarolangun dikagetkan adanya setoran tahunan yang memiliki nilai fantastis nyasar ke kantong pribadi. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Sarolangun, Tantowi yang saat itu turun bersama tim dari Setda Sarolangun mengaku terkejut dengan temukan itu.

"Intinya tadi memang ada beberapa poin yang menjadi PR, terutama temuan ada beberapa kuitansi terkait pembayaran pasar bawah oleh pedagang ke pihak kedua bukan pihak pertama," ujarnya. 

"Masalahnya, pihak kedua tadi menyetorkan apa tidak ke Pemda. Itu yang akan kita dalami dan kroscek lagi, " sambung Tantowi.

Parahnya lagi, setoran yang masuk ke kantong pribadi tersebut sudah terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Masing-masing pedagang sudah ada yang membayar sejak 5 tahun bahkan ada yang sudah di atas 10 tahun. 

Dimana dari penghitungan sementara tadi, diketahui lebih kurang pertahunnya ada Rp140 juta uang sewa yang dikeluarkan para pedagang nyasar ke kantong pribadi. 

Untuk tidak lanjutnya, apakah melalui proses hukum atau tidak. "Yang jelas saat ini fokus pemerintah menelusuri, menata ulang agar kedepannya bisa semakin lebih baik lagi. Mungkin yang selama ini bocor, ke depan bisa kita tempel, " pungkasnya. (usn)

Baca juga: Pedagang Pasar Bawah Sarolangun Buka-bukaan Soal Duit Sewa Kios

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved