Pedagang Pasar Bawah Sarolangun Buka-bukaan Soal Duit Sewa Kios

Setoran sewa ruko pedang di Pasar Bawah Sarolangun yang nyasar ke kantong pribadi, nilainya berbeda tergantung lokasinya. 

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Abdullah Usman
Pedagang di Pasar Bawah Sarolangun bakal direlokasi. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Setoran sewa ruko pedang di Pasar Bawah Sarolangun yang nyasar ke kantong pribadi, nilainya berbeda tergantung lokasinya. 

Selain temuan mengejutkan Pemkab Sarolangun, saat berdiskusi bersama pedagang terkait wacana relokasi. Pengakuan para pedagang juga tidak kalah mengagetkan. 

Pasalnya setiap ruko yang ada di kawasan pasar bawah memiliki angka yang berbeda beda dalam proses pembayarannya. Semakin strategis maka semakin mahal pula bayarnya.

Dikatakan Fitriani, satu dari pedagang yang menempati kios di kawasan Pasar Bawah Sarolangun. Lebih kurang sejak 25 tahun terakhir dirinya berdagang di kawasan tersebut. Dia juga sudah beberapa kali pindah kios. 

"Di atas pernah, di ujung dan di tengah bahkan sekarang di depan. Semua memiliki nilai yang berbeda beda mulai dari Rp3 - 4 jutaan per tahunnya, " ujarnya, Rabu (29/6/2022).

"Setoran tersebut disetorkan ke pihak kedua bukan Pemda, tapi saya tidak tahu pihak ke dua itu siapa, yang jelas kami selalu membayar ke dia," sambungnya. 

Terkait wacana relokasi para pedagang tetap setuju, namun para pedagang meminta relokasi nanti dapat ditata dengan baik, aman dan nyaman sehingga para pembeli dapat nyaman saat berbelanja. 

"Kalo dibilang setuju atau tidak ya tetap setuju, asalkan itu tadi, " pungkasnya. 

Berbeda dengan pedagang emperan, yang menolak upaya relokasi tersebut. Dengan alasan berdagang di pinggir dan dekat dengan jalan saja sudah cukup sepi bagaimana jika harus dipindah ke dalam atau ke atas. 

"Sarolangun ini ni bang, berjualan di sini be lah sepi apaolagi pindah ke atas, " ujar seorang pedagang

"Kalo ditanyo setuju apo idak, jelas la idak setuju, " tandasnya. (usn) 

Baca juga: Ketua DPRD Sarolangun Duduk Bersama Pemda dan Pedagang Bahas Relokasi PKL Ancol

Baca juga: Sambut Hari Adat Melayu Jambi, Dinas Pendidikan Sarolangun Gelar Pentas Seni Budaya

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved