Pemakaman Anak Ridwan Kamil

Atalia Tatap Nanar Jenazah Eril saat Tiba di Bandara Soetta. Terus Genggam Erat Tangan Ridwan Kamil

Kesedihan begitu mendalam dirasakan Atalia Praratya dan Ridwan Kamil begitu jenazah Emmeril Kahn Muntadz atau Eril tiba di Bandara Internasional

Editor: Fifi Suryani
TRIBUNNEWS/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan jenazah putra sulungnya Eril saat tiba di Bandara Soekarno Hatta, Minggu (12/6). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Kesedihan begitu mendalam dirasakan Atalia Praratya dan Ridwan Kamil begitu jenazah Emmeril Kahn Muntadz atau Eril tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten dari Swiss. Jenazah Eril tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Minggu(12/6) sekitar pukul 15.30 WIB. Jenazah Eril diangkut menggunakan Pesawat Qatar Airways QR 956.

Ketika jenazah Eril yang berada di dalam peti dikeluarkan dari perut pesawat Atalia yang mengenakan pakaian serba hitam terus menggenggam erat tangan Ridwan Kamil. Mata Atalia terlihat berkaca-kaca dan nanar. Sementara Ridwan Kamil yang mengenakan pakaian safari berkelir senada dan berkacamata hitam juga terus menggenggam erat tangan Atalia.

Selain Atalia dan Ridwan Kamil ada juga Zara sang adik yang juga terlihat sangat bersedih ketika peti jenazah baru saja dikeluarkan dari perut pesawat. Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya kemudian mengucapkan terima kasih, sesaat sebelum meninggalkan area Kargo Jenazah Bandara Internasional Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Ucapan terima kasih itu disampaikan keduanya sambil membungkukkan badan di depan kamera awak media yang telah berbaris di sisi kanan depan Kargo Jenazah Soetta. "Terima kasih," ucap Ridwan Kamil dan Atalia bersamaan terkait perhatian publik pada kejadian yang menimpa Emmeril Kahn Mumtadz. Keduanya berjalan sambil saling bergandengan tangan.

Jenazah Eril kemudian diberangkatkan menuju Bandung, Jawa Barat untuk disemayamkan di Gedung Pakuan sebelum nantinya dimakamkan di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sekitar pukul 17.00 WIB Ridwan Kamil dan Atalia masuk ke dalam mobil jenazah berwarna silver dengan hiasan bunga di bemper depannya.

Bersama iring-iringan mobil jenazah, rombongan keluarga pun tidak lama kemudian meninggalkan terminal cargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Bandung. Beberapa tokoh nasional seperti Menteri BUMN Erick Thorir, Ketua Umum PSSI Mohammad Iriawan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg, Pratikno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Selain itu juga hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Pihak keluarga menyebut jenazah Eril dibawa lewat perjalanan darat. Eril akan dimakamkan Senin(13/6). "Kita akan melakukan perjalanan darat ke Bandung, almarhum akan disemayamkan di Gedung Pakuan, untuk kemudian mempersilakan keluarga yang ingin salat jenazah," kata adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Elpi sebelumnya memohon maaf jika dalam proses pemakaman ada aktivitas warga di sekitar lokasi yang terganggu hingga membuat kemacetan.

"Mohon maaf apabila nanti dalam pelaksanaannya ada kegiatan warga yang terdampak, dari sisi traffic maupun dari sisi situasi di lokasi," ujar Elpi. Pihak keluarga juga berterima kasih ke para pihak yang memberikan bantuan serta dukungan moril, salah satunya Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Izinkan kami juga atas nama keluarga Pak Ridwan Kamil dan juga almarhum Emmeril Kahn Mumtadz mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh warga dan lain-lain, yang kami sulit menyampaikan ucapan terima kasih satu per satu. Di antaranya kepada Bapak Presiden Joko Widodo," ucap Elpi.

Elpi menuturkan, sejak keponakannya hilang, Presiden Jokowi langsung meminta jajarannya membantu pencarian. Tak sampai situ, Elpi mengaku dibantu jajaran pemerintah hingga proses pengurusan dan kepulangan jenazah Eril.

"Yang telah memerintahkan jajarannya untuk membantu kami sekeluarga selama masa pencarian kemudian pengurusan jenazah, sehingga kami bisa sampai di sini," kata Elpi.

"Tentu ini juga dibantu Kemenlu, KBRI di Swiss, kemudian juga kami dibantu KBRI di Doha, sehingga kami bisa sampai sini," tutup Elpi.

Warga Berkerumun

Sementara itu, sejumlah warga terlihat berdiri di depan pintu keluar terminal kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pantauan di depan Pos Polisi Sub Sektor Kargo Bandara Soekarno Hatta banyak warga yang menunggu iring-iringan mobil jenazah melintas.

"Buat Eril selamat jalan semoga tenang di sisinya. Saya dari Jakarta turut berbelasungkawa. Semoga keluarga Pak Ridwan diberi kesabaran," kata Karyono salah seorang warga.

 

 

 

 

 

Sumber: Tribunnews
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved