Komentar Jokowi Usai Nonton Balap Formula E Jakarta

Presiden Joko Widodo mengapresiasi gelaran balap Formula E di sirkuit Jakarta International E-Prix (JIEC), Ancol usai menyaksikannya langsung.

Sumber: Screenshot KOMPAS TV
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pernyataan terkait gelaran Formula E bersama Ketua DPR Puan Maharani dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Sabtu (4/6/2022). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengapresiasi gelaran balap Formula E di sirkuit Jakarta International E-Prix (JIEC), Ancol usai menyaksikannya langsung, Sabtu (4/6/2022).

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, balap mobil listrik ini merupakan ajang yang bakal diminati semua orang. Mengingat, perkembangan tekonologi masa kini mengarah ke mobil listrik yang ramah lingkungan.

"Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti akan ada pergeseran dari mobil sekarang (BBM) banyak nanti pakai mobil listrik. Sehingga ini menjadi sebuah tontonan yang ke depannya akan tinggi dan semakin digemari," kata Jokowi seperti dilansir dari Kompas.tv, Sabtu (4/6/2022).

Jokowi juga mengungkapkan bahwa balap Formula E ini sebagai ajang yang mendukung program pemerintah ke depannya.

Katanya, saat ini Indonesia mulai berjalan menjadi negara industri, salah satunya yang kini menjadi target pemerintah Indonesia sebagai produsen baterai listrik di dunia. 

Tahapan dalam mewujudkan hal itu kini tengah dikerjakan. Mulai hilirisasi nikel yang harus melalui pemurnian dan pengolahan biji tambang (smelter), kemudian menuju industri baterai lithium hingga ke produksi mobil listrik.

"Ini bagus untuk negera kita karena ke depan kita ingin membangun ekosistem baterai listrik. Saya kira teknologi yang dipertontonkan di Formula E ini mendukung ke arah sana semua, akan menuju ke ramah lingkungan," ujar Jokowi. 

Baca juga: Jokowi Jawab Kritikan Pemerintah Tak Dukung Balap Formula E Jakarta

Selain Presiden Jokowi, pejabat negara dan tokoh yang menonton ajang balap mobil listrik Formula E ini di antaranya Ketua DPR Puan Maharani.

Selain itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno, Ketua Panitia Formula E Ahmad Sahroni, dan Co-Founder Formula E Alberto Longo. 

Kemudian Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Metro Jaya Muhammad Fadil Imran, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, Menpora Zainudin Amali, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai tuan rumah juga turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dan Ketua DPR Puan Maharani.

Baca juga: Gaduh Balap Formula E Tanpa Sponsor BUMN, Gerindra Ikut Buka Suara

Sebelumnya Presiden Jokowi menjawab kritikan yang menyebut pemerintah pusat tidak mendukung ajang balapan Formula E Jakarta.

Hal ini lantaran tidak ada satu pun perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi sponsor balap Formula E Jakarta yang tengah berlangsung hari ini, Sabtu (4/6/2022).

Kata Jokowi, sejak awal pembangunan sirkuit, dia sudah ikut memantau persiapan dari penyelenggara. 

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved