Berita Muarojambi

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bachyuni Ajak Warga Jaga Lingkungan

Bachyuni Deliansyah menyebut dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia dengan tema payu bersama menyelamatkan dan merawat Sungai Batanghari

Penulis: Muzakkir | Editor: Rahimin
Tribunjambi/muzakkir
Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2022 di Provinsi Jambi dipusatkan di Desa Senaung 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI -Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2022 di Provinsi Jambi dipusatkan di Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muarojambi.

Kegiatan ini dihadiri oleh direktur dari Kementerian Lingkungan hidup, Gubernur Jambi, Pj Bupati Muaro Jambi dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah menyebut dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia dengan tema payu bersama menyelamatkan dan merawat Sungai Batanghari.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2022 di Provinsi Jambi dipusatkan di Desa Senaung
Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2022 di Provinsi Jambi dipusatkan di Desa Senaung (Tribunjambi/muzakkir)

Pemilihan tema ini mengajak kita untuk hadir bersama mencintai Sungai Batanghari menghargai pentingnya keselarasan antara manusia dengan alam melakukan pengelolaan lingkungan secara profesional hingga alam tetap lestari pembangunan di segala bidang tetap dapat dilanjutkan.

Kata Bachyuni, kita semua harus merubah paradigma pembangunan yang dilaksanakan bukan hanya diwajibkan melakukan pengelolaan lingkungan semata namun juga bagaimana perlindungan lingkungan dapat diwujudkan dengan perencanaan yang matang sehingga pembangunan dapat dilaksanakan dengan berwawasan lingkungan.

"Disinilah terdapat konsep keadilan kepada anggota masyarakat lain yang mendapatkan haknya untuk memperoleh lingkungan yang baik terutama keadilan kepada generasi yang akan datang di mana kekayaan alam ini diwariskan dari generasi ke generasi," katanya.

Ia berharap momen peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia yang dilaksanakan pada saat ini dapat menjadi rambu tanda siaga untuk terus berupaya dan bekerja keras mengatasi berbagai masalah lingkungan hidup yang banyak dan kompleks.

"Kerja keras kita insya Allah akan membuahkan hasil yang baik bagi kita semua," katanya lagi.

Untuk itu dirinya mengajak semua pihak untuk melestarikan alam dan lingkungan beserta keanekaragaman hayatinya karena merupakan anugerah Tak ternilai dari Tuhan yang maha esa kepada manusia, kepada bangsa.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris sangat serius dengan gerakan Sungai Batanghari bersih. Terkait itu, dirinya mengharapkan semua element ikut bersama-sama menjaga Sungai Batanghari dari pencemaran.

“Kita harus memulai, meskipun kapan tercapainya, kita tentu tidak mau dicap bahwa kita tidak mimikirkan bagaimana supaya sungai Batanghari itu bersih,” kata Al Haris.

Al Haris melanjutkan melalui momen peringatan hari lingkungan hidup sedunia 2022, ada tugas yang luar biasa agar sungai Batanghari tetap bisa dimanfaatkan masyarakat Jambi.

“Sungai Batanghari ini banyak keanekaragaman hayati, budidaya ikan oleh masyarakat, wisata alam juga, dan ada 2 juta orang yang meminum air sungai Batanghari. Itu yang perlu kita mulai bersama-sama menjaga sungai Batanghari agar bisa bersih kembali,” ujarnya.

Gubernur Jambi menjelaskan dirinya bersama Bupati dan Wali Kota yang berkaitan dengan Sungai Batanghari sudah menandatangani fakta integritas untuk bersama-sama menjaga sungai Batanghari.

“Kita juga mengajak masyarakat yang tinggal khusus di pinggir Sungai Batanghari ini, dari mulai Solok Selatan, Dharmasraya, Tebo, Bungo, Batanghari, Tanjab Timur kita harap komitmen agar menjaga sungai Batanghari,” katanya.

Baca juga: Cik Bur Sebut Bachyuni Deliansyah Orang yang Tepat Ditunjuk jadi Pj Bupati Muarojambi

Baca juga: Pimpin Muaro Jambi, Bachyuni Sowan ke Rumah Mantan-mantan Bupati

Baca juga: Pj Bupati Muarojambi Pimpin Apel Siaga Bencana Karhutla, Ingatkan Hal Ini

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved