Breaking News:

Berita Muarojambi

Pj Bupati Muarojambi Pimpin Apel Siaga Bencana Karhutla, Ingatkan Hal Ini

Menurut Bachyuni, berdasarkan laporan dari BMKG bahwa pancaroba itu terjadi pada awal Juni ini

Penulis: Muzakkir | Editor: Rahimin
Tribunjambi/muzakkir
Pj Bupati Muarojambi Bachyuni meninjau kesiapan pasukan usai apel siaga kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla) 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muarojambi menggelar apel siaga kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla). Selasa (31/5/2022.

Apel siaga yang digelar di lapangan Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaroja itu dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Muarojambi, Bachyuni Deliansyah.

Dalam amanatnya Bachyuni mengatakan, jika berdasarkan laporan dari BMKG bahwa pancaroba itu terjadi pada awal Juni ini, biasanya curah hujan akan lebih minim dibanding sebelumnya.

Pj Bupati Muarojambi Bachyuni meninjau kesiapan pasukan usai apel siaga kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla)
Pj Bupati Muarojambi Bachyuni meninjau kesiapan pasukan usai apel siaga kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla) (Tribunjambi/muzakkir)

Untuk itu, Bachyuni menekankan kepada seluruh peserta yang hadir pada saat apel, terutama pada perusahaan untuk bisa menjaga wilayahnya masing-masing. "Sama-sama menjaga, melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat," katanya.

Kabupaten Muarojambi merupakan satu diantara Kabupaten di Provinsi Jambi yang memiliki lahan gambut yang luas. Biasanya lahan gambut ini akan lebih mudah terbakarnya. Untuk itu, dirinya berharap agar semua pihak menjaga dengan baik.

Selain itu, dihimbau kepada masyarakat yang masih membuka lahan pertanian secara kuno atau melakukan pembakaran untuk tidak lagi melakukannya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati juga menunjuk Komandan Kodim 0415/Jambi Kol Marsal Denny sebagai ketua Harian Satgas Karhutlah Kabupaten Muarojambi.

"Kepada bapak komandan kodim, saya atas nama PJ Bupati menugaskan dan saya percaya, saya yakin dengan kemampuan bapak sebagai penguasa wilayah teritorial untuk menjadi pelaksana harian dan satgas kabupaten," ungkapnya.

Kata dia, cuaca Kabupaten Muarojambi pada 2022 ini lebih panas daripada 2021 lalu, untuk itu dirinya meminta kepada tim untuk selalu waspada dan terus semangat.

"Saya minta kepada pak sekda memerintahkan para camat untuk berkoordinasi dengan kepala desa yang daerahnya rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan, karena hampir sebagian besar wilayah kabupaten Muarojambi ini adalah tanahnya tanah gambut," pungkasnya.

Dalam apel siaga ini dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten Muarojambi, selain itu, pihak perusahaan juga ikut handil dalam kegiatan itu.

Selain memberikan arahan, Pj Bupati juga mengecek satu persatu kesiapan personel yang hadir begitu juga dengan peralatan penunjang. (*)

Baca juga: Pimpin Muaro Jambi, Bachyuni Sowan ke Rumah Mantan-mantan Bupati

Baca juga: Pj Bupati Muarojambi Ikuti Zoom Metting Peringatan Hari Lahir Pancasila bersama Presiden

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved