Kenali Gejala Hepatitis dan Pencegahannya

Baru-baru Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaporkan tiga anak yang meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit hepatitis akut misterius.

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Teguh Suprayitno
Kompas.com
Ilustrasi penyakit Hepatitis A 

 

TRIBUNJAMBI.COM - Baru-baru Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaporkan tiga anak yang meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit hepatitis akut misterius.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan masih terus melakukan investigasi untuk memastikan apakah memang ini terkait hepatitis misterius yang tengah ramai di dunia.

Dikatakan Hepatitis misterius karena belum diketahui apa penyebabnya dan hasil pemeriksaan tidak menunjukkan adanya virus hepatitis A, B, C, D, dan E.

dr. Andri Budiman, SpPD, mengatakan hepatitis akut misterius dikatakan misterius karena penderitanya mendadak meninggal dalam beberapa hari dan tidak ditemukannya virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Sehingga belum diketahui apakah penyebabnya hepatitis karena virus atau hepatitis yang bukan virus atau bakteri.

"Memang belum ada konfirmasi hal itu, yang ada konfirmasi mengenai kalau ada seseorang penderita hepatitis itu SGOT SGPT-nya tinggi sampai di atas 500, itu yang paling jelas artinya bisa diduga sebagai kasus hepatitis," ujarnya.

Baca juga: Jawa Timur Wasapada! Ditemukan 114 Kasus Sakit Kuning Gejala Hepatitis

dr. Andri Budiman menjelaskan ada tipe hepatitis akut yang sampai menimbulkan kematian yakni hepatitis tipe fulminan.

"Tipe hepatitis fulminan itu sangat akut dan langsung membuat semua sel hati rusak jadi mendadak kena secara menyeluruh sel hati sehingga fungsi hati lumpuh dan penderitanya meninggal, karena organ hati adalah fungsi tenaga kita dapur kita untuk menghasilkan tenaga. Jadi kalau hati kita lumpuh ya selesai gak ada energi untuk nafas, tidak ada energi untuk sirkulasi darah tidak ada," jelasnya.

Untuk gejala hepatitis juga bermacam-macam, ada yang menunjukkan gejala demam tinggi atau demam ringan satu dua hari, mual, muntah, warna urine sampai kuning tua hampir mirip warna teh, warna mata dan kulit menguning. Kadang timbul sedikit rasa gatal hingga kesadaran yang menurun.

Hepatitis virus menular dan dewasa maupun anak-anak bisa beresiko tertular penyakit hepatitis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved