Ramadan Mubarak

Pondok Pesantren KH Muhammad Buya Salek, Pondok Pesantren Tahfiz Quran di Pelawan Sarolangun

Pondok pesantren Tahfidzul Quran Buya K H Muhammad Salek merupakan pondok pesantren pondok pesantren Hafidz Qur’an Desa Penegah, Sarolangun

Penulis: Rifani Halim | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Pondok Pesantren KH Muhammad Buya Salek, Pondok Pesantren Tahfiz Quran di Pelawan Sarolangun 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Pondok pesantren Tahfidzul Quran Buya K H Muhammad Salek merupakan pondok pesantren pondok pesantren Hafidz Qur’an Desa Penegah, Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun.

Buya Salek berkiprah sebagai ulama sejak ia pulang dari kota Mekkah untuk mempelajari ilmu agama yang sebelumnya ia dapatkan di pondok pesantren yang ada di Jambi Kota Seberang puluhan tahun silam.

Menantu dari Buya Salek yakni H Lukman sejak dulu meminta izin untuk membangun pondok pesantren pada saat Buya Salek

sebelum meninggal dunia pada 2003.

Lukman merupakan menantu sekaligus ketua yayasan mengatakan, pada saat Buya masih ada dirinya diperbolehkan untuk membuat nama pondok pesantren tersebut dengan nama Buya K.H Muhammad Salek.

Sejak empat tahun silam berdirilah pondok pesantren tersebut hingga kini pondok pesantren memiliki santri penghapal Al-Qur'an sebanyak 130 orang, bahkan dari berbagai kota di provinsi Jambi dan satu kota dari Sumatera Selatan.

"Kita sudah empat tahun dan mau masuk tahun kelima, setingkat dengan SMP sudah ada yang tamat dan saat ini ada yang sudah setingkat dengan SMA," kata Lukman, Minggu (24/4/2022).

Lukman menceritakan, perjalanan pembangunan pondok pesantren berangkat dari K.H Muhammad Salek yang merupakan penghapal Al-Qur'an, kemungkinan menjadi penghapal pertama di kabupaten Sarolangun bahkan di Provinsi Jambi.

Lanjutnya, desa Penengah dicanangkan oleh bupati Sarolangun menjadi desa Al- Qur'an. 

Dengan beberapa motivasi itu, untuk mendorong tercetusnya desa Al-Qur'an berdirilah pondok pesantren ini. Yayasan pun memiliki program agar satu KK satu penghafal Al-Qur'an atau satu orang Tahfiz di kecamatan Pelawan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved