Mutiara Ramadan

Pandemi Covid-19 Sebagai Ujian Kita Dalam Menjalankan Ibadah Puasa oleh Ustadz Anwar Sadat

Pada tahun 2020 Kita Indonesia telah mengalami satu pandemi yang sungguh sangat luar biasa, pandemi yang sebelumnya telah melanda dunia...

Tribunjambi/Danang
Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Pada tahun 2020 Kita Indonesia telah mengalami satu pandemi yang sungguh sangat luar biasa, pandemi yang sebelumnya telah melanda dunia, bahkan tidak hanya kita yang ada di Indonesia, tetapi juga dunia secara global merasakan.

Pada 2019-2020 bahkan 2021 ini, kita umat Islam terutama yang paling banyak mendapatkan imbas dari pandemi covid-19 ini.

Kaum muslimin muslimat rahimakumullah.

Meskipun dalam suasana covid ini, kita umat islam tetap diperintahkan untuk melaksanakan ibadah puasa, melaksanakan ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT.

Meskipun demikian, kita Seyogianya wajib mematuhi protokol kesehatan untuk menjaga keseimbangan agar ibadah kita tidak terganggu kepada Allah SWT.

Kaum muslimin muslimat rahimakumullah.

Ibadah puasa di tengah pandemi ini sungguh sangat luar biasa, sangat luar biasa pelajaran yang diberikan oleh Allah kepada kita untuk selalu mengevaluasi, muhasabah terhadap apa yang ingin kita lakukan.

Karena Ibadah puasa juga merupakan bagian dari upaya untuk menangkal atau bahkan menyembuhkan penyakit yang ada dalam diri kita.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menyatakan, berpuasalah, Insya Allah niscaya kamu akan sehat, orang-orang yang berpuasa adalah orang-orang yang mengatur mekanisme makan dan minum, orang-orang yang berpuasa adalah orang-orang yang memang menegakkan beberapa disiplin tertentu, dan orang-orang yang berpuasa tidak hanya secara jasmani tetapi juga mereka akan sehat secara lahiriyah. 

Oleh karena itu sesungguhnya orang yang berpuasa adalah orang yang sedang meningkatkan imunitas, kekebalan tubuhnya di dalam ibadah puasa.

Oleh karena itu banyak terapi terapi yang dilakukan dengan puasa untuk menangkal atau menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita oleh seseorang.

Bukan tidak mungkin di tengah pandemi ini umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa imunitas yang semakin baik karena dia tidak hanya sekedar memperbaiki jasmani, tapi juga memperbaiki rohaninya.

Namun demikian ditengah pandemi ini ibadah puasa kita semakin terkontrol, ibadah puasa kita semakin disiplin, karena kita tidak lagi keluar, kerumunan, kita tidak lagi banyak berkomunikasi dengan orang yang menyebabkan terdampak nya dengan penyakit covid-19 itu.

Ini patut kita Berikan apresiasi, ini patut menjadi momentum kita, untuk lebih memperbanyak mendekatkan diri kepada Allah dalam kesendirian.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved