Tips Kesehatan

Cara Menghindari Bau Mulut Saat Puasa, Sikat Gigi dengan Pasta Gigi Berfluoride

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Memang bau mulut saat puasa adalah hal wajar karena aliran air liur berkurang karena asupan makanan.

Editor: Nurlailis
kompas.com
Cara menghilangkan bau mulut saat puasa 

TRIBUNJAMBI.COM - Saat puasa kita kerap mendapatkan kendala yaitu bau mulut.

Bau mulut membuat seseorang jadi kurang percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Memang bau mulut saat puasa adalah hal wajar karena aliran air liur berkurang karena asupan makanan dan cairan yang terbatas.

“Saliva memainkan peran penting dalam mencegah pertumbuhan bakteri,” kata Dr Pradeep Chandra Shetty, kepala departemen gigi, spesialis ortodontik, NMC Specialty Hospital, Al Ain, di Dubai, Uni Emirat Arab dikutip dari Al Arabiya English (10/04/2022).

“Diet kaya protein menyebabkan pemecahan protein menjadi asam amino dan menyebabkan bau mulut. Kerusakan juga menyebabkan lapisan putih tipis di lidah yang menyebabkan pertumbuhan bakteri,” tambah Dr Shetty.

Dia mengatakan seseorang harus memperhatikan kebersihan mulut selama bulan suci. “Praktek kebersihan mulut terganggu karena menyikat gigi yang jarang menyebabkan akumulasi plak yang pada gilirannya menyebabkan halitosis,” kata Dr Shetty.

Dr Zaman Al Janabi, dokter gigi GP, Rumah Sakit Spesialis Kanada di Dubai mengatakan kerusakan gigi juga bisa menjadi penyebab bau mulut dan karenanya sangat penting untuk melakukan pemeriksaan umum.

Baca juga: Resep Takjil Buka Puasa, Kolak Durian Kolang-kaling

“Bau mulut adalah masalah yang memalukan, menjengkelkan, dan umum. Jika Anda terkadang memiliki bau mulut, sumber dan alasannya harus diidentifikasi. Jika disebabkan oleh kerusakan gigi atau infeksi gusi, sebaiknya ditangani oleh dokter gigi,” saran dr Al Janabi.

Dr Shetty menyarankan mereka yang berpuasa untuk menyikat gigi selama 2-3 menit dengan pasta gigi berfluoride setelah berbuka puasa dan sahur untuk mengurangi penumpukan plak.

“Alat bantu kebersihan mulut seperti benang gigi, obat kumur dan pengikis lidah lebih disukai untuk mengurangi akumulasi plak,” katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved