Mudik Lebaran 2022

Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 Lewat Udara, Ini Syarat jika Mudik dengan Pesawat Terbang

Berita Jambi-Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran No 16 tahun 2022 tentang persyaratan perjalanan

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Nani Rachmaini
net
Ilustrasi. 

TRIBUNJAMBI COM, JAMBI - Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran No 16 tahun 2022 tentang persyaratan perjalanan keluar kota selama libur lebaran dan di pertegas dengan Surat Edaran Mentri Perhubungan No 36 tahun 2022 untuk mengatur perjalanan udara.

EGM Bandara Sultan Thaha Jambi mengatakan dengan dikeluarkannya surat edaran tersebut sedikit mengubah aturan perjalanan selama libur lebaran 2022.

"SE no 36 tahun 2022 Mentri Perhubungan telah keluar sejak 4 April kemarin," ujarnya Minggu ( 10/4/2022).

Peraturan terbaru tersebut mengharuskan setiap pelaku perjalanan dalam negeri ( PPDN ) via udara telah melakukan vaksin ke tiga tau vaksin booster.

Namun apa bila masih vaksin ke dua di wajibkan menunjukan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RTPCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Sedangkan calon penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Calon penumpang perjalanan udara dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan persyaratan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Sementara itu pelaku perjalanan udara dengan usia dibawah 6 tahun dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen, namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan COVID-19 serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan
mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu: memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Pengetatan protokol kesehatan perjalanan orang yang perlu dilakukan berupa:

Menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu;

Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan. (*)

Simaklah berita-berita terbaru Tribunjambi.com melalui Google News 

Baca juga: 85 Juta Orang Diprediksi Mudik Lebaran 2022, Ini Pesan Irjen Firman Yang Mudik Lewat Darat

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved