Mutiara Ramadan

Ramadhan Pasti Berlalu

Selesai khotbah, para sahabat bertanya, apakah gerangan yang terjadi ya Rasulullah, sehingga Engkau lain dari biasanya hari ini?

Ramadhan Pasti Berlalu
IST
Zakaria Ansori, SHI, MH - Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal

TRIBUNJAMBI.COM - Suatu ketika Nabi naik ke atas mimbar khotbah di Hari Raya Idulfitri.

Ketika naik anak tangga pertama Beliau mengatakan "amin", naik anak tangga kedua Beliau juga berkata "Amin", pun sama ketika di anak tangga ketiga Beliau mengatakan "amin".

Selesai khotbah, para sahabat bertanya, apakah gerangan yang terjadi ya Rasulullah, sehingga Engkau lain dari biasanya hari ini?

Lantas Rasulullah mengatakan:

"Ketika Aku menaiki anak tangga yang pertama, datanglah malaikat Jibril AS kepada-Ku, lalu berdoa: "Celakalah orang yang mendapati Ramadan, hingga Ramadan berlalu, tetapi Ia tidak mendapatkan ampunan." maka berkata Amin"

"Kemudian malaikat Jibril AS berdoa: "Celakalah orang yang mendapati ibu dan bapaknya yang renta atau salah satu dari keduanya, tetapi keduanya tidak menyebabkan orang itu masuk surga.” maka Aku berkata Amin."

"Kemudian malaikat Jibril AS berdoa lagi: "Celakalah orang yang bila nama Muhammad SAW disebut, dia tidak bershalawat kepadanya." maka aku berkata Amin".

Kenapa dikatakan celaka orang yang berjumpa Ramadan namun tidak diampuni dosanya?

Karena Allah telah sediakan bulan penuh magfirah ini namun disia-siakan.

Ibarat menu makanan yang telah dihantarkan namun tidak dimakan. Maka orang tersebut adalah orang celaka.

Kenapa dikatakan celaka orang yang memiliki kedua orang tua atau salah satunya yang masih masih hidup namun tidak masuk surga?

Karena orang tersebut telah menyia-nyiakan pintu surga yang sudah ada di tangannya, ada di rumahnya. Tak perlu jauh-jauh kita mencari kunci surga. Kunci itu ada di rumah kita.

Kenapa dikatakan celaka orang yang tidak pernah bershalawat? Karena orang tersebut lupa akan jalan jalan ke surga, lupa siapa yang telah berjasa mengenalkan kita kepada Allah SWT.

Ibarat kita pernah berutang jasa dengan seseorang pastilah bergetar hati kita ketika namanya disebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved