Citizen Journalism

Sensus Penduduk 2020, Lanjut Lagi?

SP2020 sebenarnya merupakan sensus yang dirancang sangat berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya. Bukan tentang data-data yang dikumpulkan, tetapi

Editor: Suci Rahayu PK
Istimewa
Ni Kadek Suardani, Kasi Integrasi Pengolahan Data Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi 

SENSUS PENDUDUK 2020, LANJUT LAGI??

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Mendengar istilah sensus, biasanya kita langsung ingat dengan Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam UU No.16 tahun 1997 tentang Statistik, BPS memang mendapatkan amanah dan tanggung jawab dalam penyelenggaraan sensus.

Seperti yang kita ketahui, dari undang-undang tersebut juga disebutkan ada tiga sensus yang diselenggarakan di Indonesia dan semuanya menjadi tanggung jawab BPS.

Sensus yang dimaksud adalah Sensus Penduduk (SP), Sensus Pertanian (ST), dan Sensus Ekonomi (SE). Penyelenggaraan sensus tersebut adalah setiap 10 tahun sekali secara bergantian pada tahun-tahun yang berakhiran 0 untuk SP, berakhiran 3 untuk ST, dan berakhiran 6 untuk SE.

Jadi, jika kita perhatikan angka tahun saat ini, sensus terdekat yang akan dilaksanakan BPS tentu saja Sensus Pertanian di tahun 2023.

Sebelum sampai ke ST2023, BPS  ternyata masih punya episode lanjutan dari Sensus Penduduk 2020 di tahun ini.

Bagaimana sih ceritanya sampai ada episode lanjutan dari SP2020?

Rancangan Awal SP2020

SP2020 sebenarnya merupakan sensus yang dirancang sangat berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya.

Bukan tentang data-data yang dikumpulkan, tetapi tentang metode yang diterapkan. Tahun 2020 untuk pertama kalinya SP dilaksanakan dengan metode kombinasi; artinya ada kombinasi antara data administrasi dari Dukcapil dan data penduduk yang dikumpulkan dari lapangan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved