Tips Kesehatan

Cara Menghindari Nyeri Saat Bangun Tidur, Cukup Satu Bantal di Posisi yang Strategis

Cara Menghindari Nyeri Saat Bangun Tidur, Kamu cukup menggunakan satu bantal di posisi yang strategis.

Editor: Nurlailis
Instagram @glacialpurefilters
Cara Menghindari Nyeri Saat Bangun Tidur 

TRIBUNJAMBI.COM - Tidur adalah saat dimana seseorang mengistirahatkan badan dan pikiran.

Saat bangun berharap bisa lebih segar dan siap beraktivitas kembali.

Alih-alih segar, rupanya seseorang bisa mengalami nyeri pada tubuh saat bangun tidur.

Hal ini diakibatkan posisi tidur yang salah dan penggunaan bantal tidur yang kurang tepat.

Lebih lanjut, dua hal tersebut dapat meredakan nyeri yang dirasakan oleh pengidap sakit punggung bawah, sekaligus mencegah kondisinya semakin parah.

Seorang fisioterapis bernama Windy Mayang pun mengatakan hal yang sama dalam peluncuran bantal lumbar Dooglee di Killa Killa Cafe, Jakarta Selatan, Rabu (23/3/2022).

“Kalau pakai bantal hingga tiga sampai empat, posisi lehernya akan ke depan. Ini postur tubuh yang buruk. Ini juga bisa karena sering main ponsel, atau ngetik seperti para editor media,” jelas dia.

Untuk memperbaiki postur, membuat tubuh tidak nyeri saat bangun tidur, dan meredakan sakit punggung bawah, Windy menuturkan bahwa kamu tidak perlu menumpuk banyak bantal.

Baca juga: Cara Mengatasi Baby Blues, Tidur yang Cukup dan Minta Bantuan

Kamu cukup menggunakan satu bantal di posisi yang strategis, yaitu tepat di lekukan leher untuk menopangnya alih-alih menopang kepala. Gaya tidur ini, ujarnya, mirip seperti orang Jepang.

“Orang Jepang cuma paka isatu bantal, di belakang leher. Untuk menyangga tulang punggung cervical di leher yang bentuknya seperti huruf C terbalik,” kata Windy.

Orang yang menggunakan banyak bantal, ada kemungkinan tulang belakangnya bermasalah. Sebab, posisi tidur seperti ini membuat struktur tulang belakang tidak selaras.

Selain menaruh bantal di lekukan leher, kamu juga perlu menaruh bantal di lekukan pinggang ketika tidur telentang agar tulang belakang sejajar, seperti bantal lumbar.

Untuk guling sendiri, Windy mengatakan bahwa mereka bermanfaat untuk menjaga posisi tulang pinggang tetap normal ketika sedang tidur menghadap ke satu sisi.

“Kalau tidur miring, (tulang pinggul) dapat membebani pinggang. Kalau lekukan di bagian pinggang dibiarkan, postur tubuh akan rusak. Ganjal bagian pinggang dengan bantal, dan taruh gulin di antara dua kaki,” pungkas Windy.

Baca juga: Ketahui Bahaya Makan Sebelum Tidur, Ganggu Kestabilan Gula Darah

Sumber: Kompas.com

Berita lain terkait Tips Kesehatan

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved