Sekda Merangin Sebut Ada ASN hingga Orang Kaya di Merangin Terima Bantuan PKH

Masih ditemukan Aparatur Sipil Negara (ASN), warga yang sudah meninggal dunia hingga bukan keluarga miskin yang dapat bantuan PKH. 

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Teguh Suprayitno
IST
Ilustrasi rumah warga penerima PKH. 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Merangin belum tepat sasaran.

Masih ditemukan Aparatur Sipil Negara (ASN), warga yang sudah meninggal dunia hingga bukan keluarga miskin yang dapat bantuan PKH

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Merangin, Fajarman. Dia menegaskan PKH harus diterima oleh keluarga kurang mampu atau keluarga miskin. 

Fajarman mengungkapkan bahwa masih ditemukan Aparatur Sipil Negara (ASN), orang kaya dan orang yang sudah meninggal masih menerima bantuan sosial tersebut.

Fajarman menyebutkan hal itu saat menyalurkan bantuan PKH secara simbolis kepada 11 orang kepala keluarga, di halaman kantor bupati Merangin, Senin (31/1/2022) kemarin.

"Ada warga yang sudah meninggal dunia tapi masih mendapatkan bantuan PKH. Ada warga yang memiliki kartu PKH itu meninggal, tapi kartu itu kemudian dimanfaatkan oleh orang lain," ujar Sekda.

Baca juga: ZF, ASN Merangin yang Jadi Buronan Polisi Belum Dipecat Meski Tak Bekerja, Sekda Surati Kementerian

Selain itu, Sekda menyebutkan bantuan tersebut diterima oleh keluarga yang terbilang serba kecukupan.

Bahkan kata dia, warga yang berstatus sebagai pegawai negeri turut ditemukan menerima bantuan yang bersumber dari pemerintah pusat itu.

"Bantuan PKH ini jadi tidak tepat sasaran dan jadi sangat tidak efektif sekali. Untuk itu perlu dibuat usulan untuk merevisi data warga penerima bantuan PKH di Kabupaten Merangin," jelas Sekda.

Revisi itu diminta Fajarman untuk segera dilakukan Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan dan Anak dengan membuat data warga pemerima PKH yang sesuai fakta.

Bantuan PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH dengan cara diberi kartu PKH.

Kartu PKH ini berfungsi sebagai kartu pengambilan Sembako. Kartu ini bukan untuk menabung, tapi untuk pengambilan Sembako ke warung yang sudah ditunjuk sesuai dengan jumlah dana yang diberikan. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved