PPKM Jambi

4 Daerah di Provinsi Jambi Berstatus PPKM Level 2, Ada Lonjakan Kasus Covid-19

Data dari Kementerian Kesehatan beberapa provinsi di luar Jawa-Bali sudah terdeteksi varian Omicron dari transmisi lokal

Editor: Rahimin
ist
ilustrasi - 4 Daerah di Provinsi Jambi Berstatus PPKM Level 2, Ada Lonjakan Kasus Covid-19 

TRIBUNJAMBI.COM - Daerah di luar Jawa-Bali kembali diperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-3.

Perpanjangan PPKM di luar Jawa-Bali hingga 14 Februari 2021 mendatang.

Aturan mengenai perpanjangan masa PPKM luar Jawa-Bali pun tertuang di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 7 Tahun 2022.

Jumlah daerah yang masuk kategori PPKM level 2 bertambah menjadi 219 daerah.

Jumlah itu meningkat dari sebelumnya yang sebanyak 138 kabupaten/kota.

Sedangkan 164 kabupaten/kota berstatus level 1 dan tiga wilayah masuk kategori level 3.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, terjadi lonjakan jumlah kasus Covid-19 di wilayah luar Jawa-Bali.

Airlangga Hartarto meminta berbagai pihak waspada dengan kondisi peningkatan kasus Covid-19 ini.

"Kita harus waspada karena kita lihat dari kasus reproduksi efektif atau RT Covid-19 itu di Sumatera naik menjadi 1,02, Kalimantan jadi 1,01, Maluku 1,08, Papua 1,05, Nusa Tenggara 1,03 dan Sulawesi 1," katanya dalam konferensi pers secara virtual terkait Evaluasi PPKM, Senin (31/1/2021).

Koordinator PPKM luar Jawa-Bali ini mengatakan, data dari Kementerian Kesehatan beberapa provinsi di luar Jawa-Bali sudah terdeteksi varian Omicron dari transmisi lokal.

Baca juga: PPKM Level 3 Serentak Saat Nataru Dibatalkan, Fadhil Arief Sebut Aktivitas Masyarakat Kembali Gairah

"Beberapa provinsi seperti Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jayapura sudah dilihat kasus Omicronnya sudah masuk dari transmisi lokal," katanya.

Ini daftar 219 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang berstatus PPKM level 2

Aceh
Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Pidie Jaya, dan Kota Lhokseumawe

Sumatera Utara
Kabupaten Karo, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Dairi, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Nias Utara, Kota Tanjung Balai, Kota Gunungsitoli

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved