Breaking News:

Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen - Mengalami Kasih untuk Berbuat Kasih

Bacaan ayat: Yohanes 13:35 (TB) Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi."

Editor: Suci Rahayu PK
Instagram
Ilustrasi 

Mengalami Kasih untuk Berbuat Kasih

Bacaan ayat: Yohanes 13:35 (TB) Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi."

Oleh Pdt Feri Nugroho

Pdt Feri Nugroho
Pdt Feri Nugroho (Instagram @ferinugroho77)

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa ciri khas kehidupan orang Kristen adalah kasih. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa Tuhan Yesus mengajarkan tentang kasih dan menempatkannya sebagai Hukum Kasih.

Segala perilaku hidup didasarkan pada perintah ini: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu; dan Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Itu artinya segala gerak dan laku orang yang menyatakan diri sebagai orang Kristen akan diwarnai dan berkiblat kepada kasih. Implikasi logisnya, kehidupan iman Kristen tidak lagi melekat pada ritual dan simbol.

Ritual dan simbol hanyalah alat bantu untuk mengarahkan seseorang pada peristiwa sesungguhnya yang terjadi dibalik ritual dan simbol yang ada.

Iman lebih melekat kepada apa yang disimbolkan dan bukan kepada simbol yang terlihat. Sementara itu untuk perilaku hidup berlaku hal yang sama.

Orang Kristen melakukan segala hal dalam kehidupan, tidak lagi bermotifkan ego pribadi. Segala hal diarahkan dalam rangka mewujudkan kasih yang meneladani kasih karunia Allah yang telah terwujudnyatakan dalam diri Yesus.

Baca juga: Renungan Harian Kristen - Doa Sebagai Nafas Kehidupan Beriman

Kepemilikan harta, misalnya, tidak lagi berbicara tentang aktualisasi diri atau tempat meletakkan harga diri; namun menjadi kesempatan untuk mewujudkan kasih dengan berbagi dengan sesama.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved