Breaking News:

Home and Garden

Cara Mengaplikasikan Nasi untuk Membasmi Kutu Putih pada Tanaman

Ekskresi kutu putih menghasilkan madu yang merupakan media yang baik untuk tempat tumbuhnya embun jelaga yang berwarna hitam.

Editor: Nurlailis
SHUTTERSTOCK/OLINCHUK
Cara membasmi kutu putih pada tanaman 

TRIBUNJAMBI.COM - Merawat tanaman tidak selamanya berjalan mulus.

Salah satu kendala dalam merawat tanaman adalah adanya hama yang dapat merusak tanaman.

Seperti hadirnya kutu putih yang merupakan salah satu kutu yang termasuk dalam ordo Hemiptera, famili Aleyrodidae, dengan genus Bemisia, dengan species Tabaci.

Hadirnya kutu putih dapat merusak keindahan tanaman serta rusaknya jaringan daun.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (8/1/2022), kerusakan langsung pada tanaman disebabkan oleh imago dan nimfa yang mengisap cairan daun, berupa gejala becak nekrotik pada daun akibat rusaknya sel-sel dan jaringan daun.

Ekskresi kutu putih menghasilkan madu yang merupakan media yang baik untuk tempat tumbuhnya embun jelaga yang berwarna hitam. Hal ini menyebabkan proses fotosintesa tidak berlangsung normal.

Baca juga: Manfaat Pupuk Cair Organik dari Daun Kelor, Pertumbuhan Tanaman Akan Lebih Cepat

Selain kerusakan langsung oleh isapan imago dan nimfa, kutu putih sangat berbahaya karena dapat bertindak sebagai vektor virus, yang dapat menyebabkan kehilangan hasil sekitar 20 hingga 100 persen.

Sampai saat ini tercatat 60 jenis virus yang ditularkan oleh kutu putih antara lain Geminivirus, Closterovirus, Nepovirus, Carlavirus, Potyvirus, Rod-shape DNA Virus.

Salah satu pestisida alami yang dapat digunakan untuk membasmi kutu putih pada tanaman adalah nasi. Berikut cara membasmi kutu putih dengan menggunakan pestisida yang terbuat dari nasi.

Masukkan nasi ke dalam botol air Masukkan seluruh nasi ke dalam botol air mineral yang telah disediakan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved