Breaking News:

Home and Garden

Manfaat Pupuk Cair Organik dari Daun Kelor, Pertumbuhan Tanaman Akan Lebih Cepat

Adapun manfaat daun kelor untuk tanaman adalah ketika dicampur air dan dijadikan pupuk organik cair, pertumbuhan tanaman akan lebih cepat 25 persen.

Editor: Nurlailis
Manfaat pupuk cair organik dari daun kelor 

TRIBUNJAMBI.COM - Daun kelor biasa dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Rupanya daun kelor juga bisa bermanfaat untuk tanaman.

Adapun manfaat daun kelor untuk tanaman adalah ketika dicampur air dan dijadikan pupuk organik cair, pertumbuhan tanaman akan lebih cepat 25 persen dan meningkatkan hasil panen sebesar 35 persen.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (4/1/2022), salah satu kandungan daun kelor yang penting adalah zeatin.

Zeatin mampu merangsang pertumbuhan tanaman, terutama tanaman-tanaman baru, mulai dari perkecambahan biji, pertumbuhan, hingga pemasok nutrisi tanaman pada saat pembuahan.

Baca juga: Cara Membuat Aglonema Rutin Bertunas, Kurangi Penggunaan Pupuk Daun

Daun kelor memiliki nutrisi yang sangat lengkap. Daun kelor basah mengandung karbohidrat sebesar 12,5 persen, protein hingga 7 persen, dan kaya akan vitamin A, B1, B2, C, kalsium, kalium dan berbagai mineral lainnya.

Dalam kondisi kering, daun kelor memiliki kandungan protein sampai 27 persen.

Dengan demikian, tak mengherankan bila Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadikan daun kelor sebagai solusi untuk mengatasi malnutrisi di sejumlah negara.

Adapun cara membuat pupuk cair dari daun kelor adalah karena kandungan dominan yang ada di daun kelor berupa protein, maka Anda membutuhkan bahan pendamping yang bisa melengkapi unsur karbohidrat dan sumber energi.

Bahan yang bisa dijadikan sumber karbohidrat adalah air beras, dedak atau bekatul, serta tepung beras. Sementara untuk sumber energinya dapat diperoleh dari air kelapa, gula jawa, gula pasir, atau tebu.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved