Breaking News:

Berita Jambi

Awal Tahun Ada Investor Minat Bangun Jalur Khusus Angkutan Batu Bara dari Sarolangun ke Muarojambi

Berita Jambi-2022 ini ada investor masuk ke Jambi. Investor ini berminat untuk membangun jalur khusus muatan truk batu bara

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Nani Rachmaini
MONANG/TRIBUNJAMBI.COM
Risky Dwi Anugrah Direktur Operasional PT LMA 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - 2022 ini ada investor masuk ke Jambi. Investor ini berminat untuk membangun jalur khusus muatan truk batu bara dengan nilai investasi Rp 1,2 triliun sampai Rp 1,5 triliun.

Satu investor tersebut yakni PT Lancar Jaya Mandiri Abadi (LMA) dari Jakarta. Untuk membangun jalan khusus angkutan batu bara tersebut, Pemprov Jambi melakukan pertemuan dengan PT LMA di ruang rapat Sekda Provinsi Jambi, Senin (10/1/2022).

"Kita memiliki minat untuk investasi di jalan khusus batu bara ini, sehingga kemacetan yang ada di Jambi bisa diurai juga," kata Risky Dwi Anugrah Direktur Operasional PT LMA.

Dia menyebutkan, jalur khusus tersebut akan dibangun dari Kabupaten Sarolangun sampai ke pelabuhan, Kabupaten Muarojambi dengan jarak 140 kilometer.

Dalam rapat bersama Sekda Provinsi Jambi dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jambi terkait, Risky mengatakan akan menyiapkan grand design daerah atau wilayah mana saja yang akan dilewati.

"Tentunya jalan itu mempertimbangkan aspek lingkungan dan tak masuk ke hutan lindung, jadi kami optimistis dalam akhir tahun ini bisa mulai kontruksinya," tambahnya.

Kata dia, dari analisis yang mereka lakukan, nilai investasi tersebut bisa berubah. Sesuai dengan kondisi jalan yang akan dilalui. Apakah ada jembatan atau tidak.

"Kita baru menyiapkan pra Basic design, panjang jalan dan lebar jalannya yang kurang lebih 10 meter, dua jalur jalan," ujarnya.

Katanya, jalan tersebut dibuat bukan dengan aspal atau beton, melainkan tetap menggunakan metode lapisan batu dengan sedikit semen yang dianggap cukup dan kuat untuk truk melintas.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Baca juga: Jalan Alternatif Batu Bara dari Bukit Paku Menuju KM 73 Merlung

Baca juga: Persoalan Angkutan Batu Bara, Bupati Batanghari Sudah Usulkan Jalan Simpang Bukit Paku ke Gubernur

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved