Breaking News:

Khazanah Islami

Begini Keutamaan Mengerjakan Sholat Dhuha di Hari Jumat

Artikel ini membahas tentang Keutamaan Mengerjakan Sholat Dhuha di Hari Jumat serta tata cara mengerjakannya

Editor: Heri Prihartono
Bali.Kemenag.Go.Id
Tuntunan Sholat Dhuha disertai keutamaannya 

TRIBUNJAMBI.COM - Sholat Dhuha dianjurkan dikerjakan seorang Muslim sebab banyak keutamaannya.

Di antara keutamaan Sholat Dhuha adalah jika dikerjakan pada hari Jumat.

Dikutip dalam Bincangsyariah dalam kitab Ihya Ulumiddin, Imam Al-Ghazali menggolongkan Sholat Dhuha sebagai bagian dari amalan sunnah harian yang sangat dianjurkan untuk kita laksanakan.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa jika kita melaksanakan Sholat Dhuha di hari Jumat, maka derajat kita akan diangkat oleh Allah serta dosa-dosa kita diampuni oleh-Nya.

Riwayat dimaksud telah disebutkan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumiddin sebagaimana berikut;

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib dari Nabi Saw, beliau bersabda; ‘Hari jumat seluruhnya adalah shalat. Tiada seorang hamba yang beriman kemudian berdiri saat terbit matahari dan naik setinggi galah atau lebih daripada itu, dan ia berwudhu serta menyempurnakan wudhunya itu, lalu melaksanakan shalat Dhuha dua rakaat dengan penuh keimanan serta harapan mendapatkan keridhaan Allah, niscaya Allah akan tuliskan baginya dua ratus kebajikan dan dihapuskan darinya dua ratus kejahatan.

Barang siapa shalat empat rakaat, niscaya Allah mengangkat baginya di surga empat ratus derajat. Barangsiapa shalat delapan rakaat, niscaya Allah mengangkat baginya di surga delapan ratus derajat dan semua dosanya diampuni. Barangsiapa shalat dua belas rakaat, niscaya Allah menulis baginya dua ribu dua ratus kebaikan dan menghapus darinya dua ribu dua ratus kejahatan, serta mengangkat di surga dua ribu dua ratus derajat.

Sholat Dhuha dikerjakan dengan cara sebagai berikut:

1. Membaca Niat Sholat Dhuha

2. Takbirotul Ihram

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved