Breaking News:

XL Axiata-SCOPI Kolaborasi Terapkan Solusi IoT untuk Tingkatkan Kualitas Kopi

XL Axiata Business Solutions bekerja sama dengan SCOPI dalam penerapan solusi Internet of Things (IoT) Smart Coffee Monitoring.

Editor: Rahimin
istimewa
XL Axiata Business Solutions bekerja sama dengan SCOPI menerapkan solusi Internet of Things (IoT) Smart Coffee Monitoring untuk membantu petani kopi meningkatkan kualitas produk kopi. 

TRIBUNJAMBI.COM - XL Axiata Business Solutions bekerja sama dengan SCOPI dalam penerapan solusi Internet of Things (IoT) Smart Coffee Monitoring.

Solusi IoT ini akan membantu para petani kopi untuk meningkatkan kualitas produk kopi sekaligus menjaga konsistensi kualitas kopi dan efisiensi biaya.

Smart Coffee Monitoring ini dapat digunakan oleh pemroses atau produsen kopi sekelas UMKM sampai perusahaan dalam skala industri besar.

Solusi ini juga bisa diterapkan di daerah-daerah penghasil kopi yang banyak di antaranya berlokasi jauh di area pelosok.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions menjalin kerjasama dengan SCOPI (Sustainable Coffee Platform of Indonesia), dalam penerapan solusi berbasis Internet of Things (IoT) "Smart Coffee Monitoring". Solusi ini untuk meningkatkan kualitas produk kopi dan efisiensi biaya operasional.

Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata mengatakan, berdasarkan hasil data Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, tingkat konsumsi kopi meningkat sebesar 7% setiap tahunnya.

"Untuk mendapatkan pasar yang lebih luas dan memiliki nilai mutu yang tinggi, diperlukan usaha untuk menjaga konsistensi kualitas kopi. Salah satu yang bisa kita tempuh adalah dengan memanfaatkan solusi berbasis IoT seperti XL Smart Coffee Monitoring ini," katanya.

Menurut Feby, solusi IoT ini tidak sekadar untuk mendigitalisasi proses produk kopi, namun benar-benar dapat menjadi personal assistant bagi para petani kopi khususnya dalam proses fermentasi dan pengeringan.

Perangkat ini memiliki antara lain fitur notifikasi dan alert yang mengatur batas atas dan batas bawah di setiap variabel lalu memberikan peringatan jika kondisi lingkungan melewati batas tersebut supaya biji kopi tidak over-processed atau under-processed, terlebih jika terdapat perubahan kondisi iklim dan cuaca.

Pengguna bisa memonitor data-data tersebut kapan saja dan di mana saja melalui perangkat selulernya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved