Breaking News:

Tribun Wiki

Zabak Nasional Sirkuit, Sirkuit Permanen Pertama di Jambi, Antara Kebanggaan dan Harapan

Zabak Nasional Sirkuit berada di Kabupaten Tanjabtim, menjadi sirkuit permanen pertama yang dimiliki Provinsi Jambi.

ABDULLAH USMAN/TRIBUNJAMBI.COM
Pembalap Tuan Rumah Sukses Asapi Pembalap Kawakan di Zabak Sirkuit, 4 Desember 2021 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Zabak Nasional Sirkuit berada di Kelurahan Parit Culum I Kecamatan Sabak Barat Kabupaten Tanjabtim, menjadi sirkuit permanen pertama yang dimiliki Provinsi Jambi.

Dengan luas keseluruhan lahan mencapai 48 hektar, dengan panjang lintasan mencapai 2,1 km, terdiri dari 14 tikungan cantik dan juga trek pacu.

Membuat sirkuit zabak menjadi kesan tersendiri bagi para rider dalam memacu kuda besi mereka.

Pada tanggal 4-5 Desember lalu, sirkuit ini sukses menggelar putaran final piala Presiden untuk regional Sumatera.

Dimana sirkuit ini ikut andil dan membuktikan keberadaannya juga berperan dalam penentuan siapa rider terbaik, dalam ajang resmi sekelas piala Presiden untuk melaju ke babak selanjutnya.

Berbagai Pro dan Kontra mengiringi pembangunan dan lahirnya sirkuit Sabak tersebut, mengingat disaat Kabupaten Tanjabtim bahkan Negara tengah dikepung pandemi.

Pemerintah Kabupaten terus membangun sirkuit yang menelan anggaran hingga Rp 16 miliar.

Dengan adanya icon baru yang bertaraf Nasional di Tanjabtim sendiri, menjadi nilai baik bagi Pemerintah Kabupaten Maupun Provinsi Jambi.

Baca juga: Kata Bamsoet Saat Resmikan Zabak Nasional Sirkuit di Tanjab Timur: Dahsyat!

Keberadaan sirkuit ini sendiri selain menjadi suatu kebanggan juga dapat menjadi harapan baik bagi kabupaten.

Kepala Dinas Budparpora Tanjabtim, Dedi Armadi menuturkan, pembangunan sirkuit permanen ini merupakan rancangan lama yang diinginkan oleh Bupati Tanjabtim.

Mengingat di Tanjabtim sendiri, cukup baik untuk dibuat sesuatu hal yang tidak hanya megah namun juga mampu membawa nama baik dan dikenal orang luar.

Mengingat Bupati sadar keberadaan Kabupaten Tanjabtim yang bukan jalur perlintasan, sehingga sulit untuk dapat dikunjungi jika tanpa sesuatu hal yang dapat menggugah orang untuk datang dengan sendirinya.

"Alhamdulillah perlahan sejak dua tahun terakhir, pembangunan sirkuit mulai dikerjakan. dan pemerintah daerah langsung diberi tantangan oleh pusat, bahwa sirkuit ini harus bisa menggelar putaran final piala presiden pada Desember 2021," ujarnya, Sabtu (18/12/2021).

"Dan apa yang diharapkan tersebut dapat terlaksana dengan baik, sesuai perencanaan," sambungnya.

Pemerintah berharap, dengan adanya sirkuit Zabak Nasional Sirkuit ini, Kabupaten Tanjabtim dapat lebih dikenal jauh lagi dan yang terpenting keberadaan sirkuit ini dapat bermanfaat dan menjadi tempat terlahirnya para pembalap nasional bahkan internasional kedepannya.

Baca juga: Pebalap Jambi Dominasi Final Piala Presiden Motoprix di Zabak Nasional Sirkuit

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved