Breaking News:

Berita Tanjabtim

Program PTSL Sertifikat Tanah, BPN Tanjabtim Targetkan 18 Ribu Tanah Bersertifikat Tahun Ini

Sebanyak 18.500 bidang tanah ada tahun 2021 ini akan segera bersertifikat, hal tersebut menjadi target utama BPN Tanjabtim.

Tribunjambi/Abdullah Usman
Ilustrasi sertifikat tanah 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Sebanyak 18.500 bidang tanah ada tahun 2021 ini akan segera bersertifikat, hal tersebut menjadi target utama BPN Tanjabtim.

Kepala BPN Tanjabtim, Anggasana Siboro mengatakan, melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau Desa Lengkap sebanyak 18.500 bidang tanah akan tuntas bersertifikat tahun ini.

Bahwa target awal PTSL ini sebanyak 24.500 bidang tanah, kemudian direvisi menjadi 18.500 bidang tanah. Saat ini sedang dalam proses, dan sertifikatnya akan dibagikan dalam waktu dekat sampai dengan akhir tahun.

"Program PTSL itu meliputi 9 Desa di Kecamatan Sadu dan 4 Desa tambahan di Kecamatan Nipah Panjang. Jadi ada sebanyak 13 desa yang masuk dalam program PTSL tahun 2021 ini," katanya.

Lanjutnya, bahwa saat ini ada sekitar 6.000 sertifikat tanah yang telah diserahkan simbolis pada Jumat lalu secara serentak di Provinsi Jambi sebanyak 40.000 sertifikat tanah, bersamaan dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Bangka Belitung yang disaksikan langsung oleh Menteri ATR/BPN secara virtual.

"Untuk penyerahan secara simbolis 6.000 sertifikat tanah itu hanya 4 desa saja sebagai perwakilan, sisanya akan menyusul," jelasnya.

Dia mengungkapkan, bahwa selama proses tahapan program PTSL, pihaknya dibantu oleh perangkat desa setempat, sehingga target bidang tanah yang diberikan oleh Kementerian ATR/BPN bisa tercapai. Dan hal itu tidak akan bisa terlaksana jika tidak ada kerjasama yang baik pula.

"Alhamdulillah berkat bantuan dari perangkat desa, target kita hingga akhir tahun nanti bisa terselesaikan dengan baik," ungkapnya.

Kedepan, program PTSL atau Desa Lengkap ini akan terus berlanjut. Di tahun 2022 mendatang, lanjutnya, penetapan lokasi PTSL ini di sisa desa yang ada di Kecamatan Nipah Panjang, yakni Desa Sungai Tering, Pemusiran dan Teluk Kijing. Kemudian juga di Desa Teluk Majelis, Kecamatan Kuala Jambi.

Baca juga: Vaksinasi Terus Dikebut, Kini Sudah 179.492 Orang di Tanjabtim Divaksin

Baca juga: Insentif Petugas Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Tanjabtim Cair Pekan Ini

Baca juga: BPBD Tanjabtim Sebut Puncak Banjir Rob Januari 2022 Mendatang

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved