Breaking News:

Pentingnya Jaminan Kesehatan Nasional Dirasakan Betul oleh Pemegang Kartu JKN-KIS Ini

KARTU Indonesia Sehat (JKN-KIS) kini manfaatnya dirasakan oleh semua kalangan. Termasuk oleh Hazananesiah wanita usia 52 tahun..

Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
KARTU Indonesia Sehat (JKN-KIS) kini manfaatnya dirasakan oleh semua kalangan. Termasuk oleh Hazananesiah wanita usia 52 tahun ini. 

KARTU Indonesia Sehat (JKN-KIS) kini manfaatnya dirasakan oleh semua kalangan. Termasuk oleh Hazananesiah wanita usia 52 tahun yang saat ini menjadi karyawan di salah satu perusahaan swasta di kota Jambi. Ia merupakan peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU).

Walaupun usianya sudah kepala 5, Hazananesiah masih semangat bekerja. Dan beliau sangat perhatian dg kondisi dirinya dan keluarga nya saat ini, meskipun belum pernah sakit dengan gejala berat yang mengharusnkan dirawat di rumah sakit, tetapi pentingnya menjadi peserta JKN-KIS sudah sangat dirasakan oleh Hazananesiah.

“Dari pengalaman saya dan keluarga, saat sehat maupun sakit, kita jadi merasa sudah terlindungi itu ada dan merupakan kenyamanan untuk diri sendiri. Punya jaminan kesehatan dari pemerintah seperti JKN-KIS ini sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia. Saat sakit bisa dengan nyaman berobat tanpa memikirkan biaya. Sementara saat sehat bisa saling membantu dengan dimanfaatkan masyarakat lain yang sakit, terutama yang tidak mampu,” ujarnya, Kamis (09/12).

Selama ini, ia dan keluarga tidak merasa dipersulit ketika berobat menggunakan JKN-KIS maupun saat mengurus administrasi kepesertaan. Menurutnya semua dapat dilakukan dengan mudah dan cepat asal sesuai prosedur.

“Pernah berobat jalan menggunakan kartu JKN-KIS dengan gejala asam urat, kolesterol dan penyakit ringan lainnya, semua prosesnya mudah dan cepat karena sakitnya kan yang masih bisa ke klinik dulu. Memang seperti itu prosedurnya, kecuali saat darurat katanya bisa langsung ke rumah sakit. Pastinya seluruh biayanya dijamin hanya dengan menunjukkan kartu JKN-KIS,” tambahnya.

Menurut Hazan, menjadi peserta JKN-KIS sejak dini merupakan hal penting yang perlu dipahami seluruh masyarakat. Diibaratkan sedia payung sebelum hujan, ia sangat memahami pentingnya menjadi peserta JKN-KIS sebelum sakit dan tetap menjaga pola hidup yang baik untuk menjaga kesehatan.

“Sebisa mungkin kami hindari sakit dengan jaga pola hidup, tapi jika memang sudah takdirnya sakit, kami tetap tenang karena ada jaminan dengan kepesertaan JKN-KIS. Terlebih lagi untuk masyarakat yang tidak mampu yang iurannya dari pemerintah, Program JKN-KIS akan sangat memberikan keringanan beban bagi yang membutuhkan. Saya harap Program JKN-KIS ini akan semakin baik ke depannya,” ujarnya. (*)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved