Breaking News:

Pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi Dirombak, Sekarang Ada Tambahan Ini

Ada beberapa perombakan dalam kepengurusan Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi dalam kepengurusan yang diketuai oleh Hasan Basri Agus.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Samsul Bahri
Ada beberapa perombakan dalam kepengurusan Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi dalam kepengurusan yang diketuai oleh Hasan Basri Agus. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Ada beberapa perombakan dalam kepengurusan Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi dalam kepengurusan yang diketuai oleh Hasan Basri Agus. Ini disampaikan oleh Sekretaris LAM Provinsi Jambi, Sefdinal saat dikonfirmasi, Minggu (28/11). 

Ia menyebut bahwa seperti saat ini di dalam kepengurusan ada menjadi Majelis Permusyawaratan Adat. Adapun dalam Majelis tersebut ada tokoh-tokoh yang paham mengenai adat Jambi.

"Kalau dulu itu Dewan Pertimbangan adat, kalau itu dihapus sekarang dan menjadi majelis Permusyawaratan Adat. Itu yang akan di perdayakan dalam hal sidang permasalahan dan fatwa adat," ungkapnya. 

Hal lain, di pengurusan sebelumnya ada Unit Kerja Diklat. Pada saat ini, bidang tersebut dihapus dan diganti. Saat ini ada pusat litbang adat Melayu dan ada pusat diklat Jambi

"Jadi ada dua. Kalo dulu itu gabung jadi namanya unit kerja diklat. Ini akan di perdayakan dalam rangka perkembangan adat melayu dan dalam rangka peningkatan SDM. Namun apapun nantinya hasil di puslitbang akan dibahas di majelis. Itu rencana kedepan yang akan dilakukan dalam pengurusan," katanya.

Baca juga: Base Camp Bandar Sabu di Merlung Dibakar, Petugas Amankan 2 Kg Sabu dan 1.000 Butir Ektasi

Sementara itu, diungkapkan olehnya juga bahwa saat ini dalam kepengurusan LAM Provinsi Jambi secara keanggotaan juga berkurang. Jika dulu ada sebanyak 280an orang, sekarang hanya ada sekitar 160an.

"Setengah dari periode sebelumnya. Alasannya karena ingin mengefesiensi pengurus. Dulu itu paling banyak di dewan pertimbangan nah itu sekarang dikurangi," katanya.

Adapun dalam kepengurusan ini, dalam Wakil Ketua umum ada tiga orang yang menjabat yakni, Nawawi ismail,
Mahfus dan kadir husain. Nanti juga ada ketua yang koordinir di sembilan bidang.

Baca juga: SEDANG TANDING Persik Kediri vs Persebaya Surabaya, Tersedia Link Nonton TV Online

"Rencana dalam waktu dekat itu kita ada rencana pemberian gelar adat untuk tokoh di Jakarta. Jadi tokoh yang pernah tugas di jambi kini menjadi tokoh penting di jakarta," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved