Breaking News:

Berita Jambi

KADIN dan KSBSI Provinsi Jambi Tanggapi Kenaikan Upah Tidak Sampai Satu Persen

Berita Jambi-Upah Minimum Provinsi (UMP), yang telah ditetapkan oleh Provinsi Jambi (Pemprov), kenaikannya tidak sampai 1 persen

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Nani Rachmaini
Hai.Grid.ID
Ilustrasi upah 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Upah Minimum Provinsi (UMP), yang telah ditetapkan oleh Provinsi Jambi (Pemprov), kenaikannya tidak sampai 1 persen menjadi sorotan.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Jambi, menanggapi terkait upah minimum yang belum lama ini ditetapkan oleh perintah, yang naik 0,75 persen.

Ketua Kadin Provinsi Jambi Usman Sulaiman mengatakan melihat kondisi 2 tahun terakhir Kadin berharap UMP bisa lebih tinggi.

"Kalau kita lihat keadaannya khususnya 2 tahun ke belakang, masyarakat sudah banyak rugi terutama di masa pandemi, bekerja tidak full dan ada yang satu bulan hanya bekerja 15 hari," jelasnya.

"Dan bahkan, mereka para pekerja sudah makan hasil modal, apa saja mereka jual hanya untuk kehidupan selama pandemi, tentu selama ini mereka hanya bertahan apa adanya saja, sudah 2 tahun dan itu bukan main-main," tambahnya.

Dengan bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah selama masa pandemi, masyarakat sudah sangat merasa terbantu.

"Meskipun masyarakat merasa terbantu namun untuk bantuan ini kan tidak merata," lanjutnya.

"Melihat apa yang telah di alami masyarakat selama pandemi memang seharusnya kenaikan upah minimum lebih dari itu, tapi kalau memang pemerintah sudah menetapkan kita mengikut saja," tutupnya.

Ketua Koordimasi Wilayah KSBSI provinsi Jambi Roida Pane juga turut menanggapi kenaikan UMP yang tidak sampai 1 persen.

"Kita melihat kenaikan nya tidak sampai 1 persen, hanya Rp 18 ribuan merasa sangat miris pada pemerintah, khususnya kepada Dinas Ketenaga Kerjaan," jelasnya.

Ia menambahkan, "Sebenarnya UMP itu berlaku 0 - 1 tahun kerja, kalau lebih dari itu harus ada struktur sekala upah dan itu yang tidak berjalan," tutupnya.
(Tribunjambi.com/adesw).

Baca juga: UMK Batanghari 2022 Mengacu UMP Jambi, Syargawi: Meski Perbup Tentang Dewan Pengupahan Rampung

Baca juga: Belum Miliki Dewan Pengupahan, Gaji Pekerja Bungo Ikut UMP

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved