Breaking News:

Hari Guru Nasional 2021

Hari Guru Nasional, SMAN 2 Tanjabbar Beri Penghargaan Guru-guru Kreatif dan Inovatif

Berita Tanjabbar-SMAN 2 Tanjabbar memberikan penghargaan kepada guru-guru kreatif dan inovatif dalam mengajar di tahun 2021

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/DANANG
Hari Guru Nasional, SMA N 2 Tanjabbar beri penghargaan kepqda guru-guru kreatif dan inovatif 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Dalam Rangka Hari Guru Nasional ke 76, SMAN 2 Tanjabbar memberikan penghargaan kepada guru-guru kreatif dan inovatif dalam mengajar di tahun 2021, Kamis (25/11/2021).

Penghargaan ini diberikan setelah upacara memperingati Hari Guru Nasional yang ke 76.

Uniknya pada upacara kali ini yang biasannya bertugas adalah siswa-siswi SMAN 2, kali ini ditukar menjadi para guru SMAN 2 yang menjadi petugas upacara.

"Ini tadi pagi kita melaksanakan upacara di mana petugas upacara nya adalah Majelis Guru, anak-anak sebagai peserta kalau biasanya kan anak-anak, hari ini dibalik," ujar Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMAN 2 Tanjabbar, Erlinda.

Setelah pelaksanaan upacara Hari Guru dikatakan Erlinda barulah acara pemberian penghargaan kepada guru-guru kreatif inovatif selama tahun 2021.

Erlinda mengatakan ada 9 guru dan pegawai yang mendapatkan penghargaan pada Hari Guru kali ini.

Para guru yang mendapatkan penghargaan antara lain, Ginting atas pengabdian beliau telah mengajar selama 32 tahun, Hardiawan sebagai guru kreatif, Najmi Laili sebagai guru kreatif, Hesti sebagai guru kreatif, Hamidah sebagai guru inovatif, Yuli sebagai guru inovatif, Rahmat sebagai pengelola prasarana sekolah terbaik, Juanda sebagai admin sekolah terbaik, Hafiz sebagai pemelihara Asset terbaik.

Erlinda mengatakan kriteria pemilihan untuk mendapatkan penghargaan tersebut ditentukan oleh kepala sekolah yang berdasarkan kepada kreativitas yang diciptakan oleh guru-guru.

"Kebanyakan mereka kan guru-guru muda yang memang di IT (Informasi Teknologi) mereka sangat kuat, apalagi di masa pandemi kemarin mereka adalah guru-guru muda yang memang pumya potensi di bidang IT," ujarnya.

Dikatakan Erlinda mereka membantu guru-guru senior, Mengajarkan metode belajar jarak jauh kepada anak-anak, sehingga anak-anak tetap bisa belajar, dengan keahlian dibidang IT dengan aplikasi-aplikasi yang dimiliki kemudian di in house training kan kepada guru-guru.

"Jadi kita dalam masa pandemi kemarin, belajar daring, kemampuan mereka dibidang IT itu memang benar-benar membantu kita para guru senior untuk membelajarkan anak, jadi walaupun terdapat jarak dan ruang di antara kita dengan anak-anak tapi dengan bantuan mereka mengembangkan teknologi IT kepada guru-guru, anak-anak tetap belajar, jadi kreatif dan inovatifnya terkait hal itu, contohnya penggunaan Google Classroom," jelasnya.

Najmi Laili, Seorang guru yang mendapatkan penghargaan guru kreatif mengatakan ia senang dengan pengargaan dari kepala sekolah, namun ia mengatakan guru-guru lain memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga saling berbagi informasi antar sesama guru terkait dengan teknologi pembelajaran.

"Kita sebagai guru terpaksa untuk memahami itu (IT), terpaksa untuk menjadi kreatif dalam mengajar, keluar dari zona nyaman, Kebetulan saya sama guru-guru yang lain yang kebetulan sudah pernah tahu sebelumnya tentang aplikasi-aplikasi pembelajaran, langsung di share sama teman-teman sama guru-guru, sehingga bisa tercipta langkah kreatif tadi," ujarnya.

Selain guru, Najmi Laili juga merupakan kepala perpustakaan di SMAN 2, jadi ia melkukan digitalisasi perpustakaan agar mempermudah siswa-siswa dalam meminjam buku.

"Jadi kita pakai aplikasi perpustakaan khusus untuk perpustakaan yang ada webnya, jadi anak-anak Ketika mereka meminjam koleksi perpustakaan, mereka bisa memantau sendiri, ada Buku apa saja yang sudah dipinjam, batas waktu pengembaliannya, pakai otomasi library," pungkasnya. (*)

Baca juga: Hari Guru Nasional 2021, SMAN 2 Muarojambi Gelar Berbagai Perlombaan

Baca juga: SMKN 1 Tebo Peringati Hari Guru ke-76 Tanpa Lomba, Hanya Gelar Upacara dan Potong Tumpeng

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved