Breaking News:

Khazanah Islami

Apa Itu Makmum Masbuk? Ini Tata Cara Mengikui Imam dalam Sholat Berjamaah

Berikut Tata Cara Sholat seorang makmum masbuk dalam sholat berjamaah yang benar dalam islam

Editor: Heri Prihartono
Freepik.com/Tribunjambi.com
Cara menjadi makmum masbuk dalam Sholat Berjamaah 

TRIBUNJAMBI.COM - Istilah makmum masbuk adalah seorang jamaah yang mengikuti sholat berjamaah namun terlambat mengikutinya sejak awal.

Sang makmum baru  bergabung  ketika imam sudah memulai sholat berjamaah.

Banyak riwayat yang menjelaskan tentang makmum masbuk.

Dari Abu Hurairah, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda : “ Apabila kamu datang untuk shalat, padahal kami sedang sujud, maka bersujudlah, dan jangan kamu hitung sesuatu (satu raka’at) dan siapa yang mendapatkan ruku’, bererti ia mendapat satu rak’at dalam sholat (nya)”. ( H.R Abu Dawud 1 : 207, Aunul Ma’bud – Syarah Sunan Abu Dawud 3 : 145 ).

Bagaimana Tata Cara Sholat seorang makmum masbuk?

Tedapat kejadian fatal yang dilakukan makmum masbuk, yakni langsung menyusul gerakan imam tanpa melakukan takbiratul ihram terlebih dahulu. 

Padahal gerakan sholat harus dimulai dari takbiratul ihram yang merupakan bagian dari rukun sholat.

Dikutip dari Umma.id ada pendapat pertama yaitu pendapat Jumhur Ulama yang menyatakan bahwa seorang makmum disebut masbuk itu apabila ia tertinggal ruku bersama imam. 

Jika makmum mendapati imam sedang ruku, kemudian ia ruku bersama imam, maka ia mendapatkan satu rakaat dan tidak disebut masbuk. Dan gugurlah kewajiban membaca surat al-Fatihah

Di antara dalil-dalil dari pendapat yang pertama adalah sebagai berikut: “Siapa yang mendapatkan ruku’, maka ia mendapatkan satu raka’at”. (HR. Abu Dawud, FIqh Islam-Sulaiman Rasyid : 116).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved