Breaking News:

Berita Jambi

Jumlah Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Provinsi Jambi Alami Meningkat

Berita Jambi-Jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Provinsi Jambi mengalami peningkatan.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Nani Rachmaini
Zulkipli
Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengandalian Penduduk Provinsi Jambi, Luthpiah 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Provinsi Jambi mengalami peningkatan.

Hal ini disampaikan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jambi, Luthpiah, Selasa (23/11/21).

Lutpiah mengungkapkan bahwa dari Januari sampai dengan 23 November terdata ada 114 kasus. Ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang terdata selama satu tahun dengan jumlah 128 kasus.

"Kita ada data simfoni dan data yang di tangani oleh UPTD kita. Kalo kita lihat data di simfoni kita terdata sebanyak 318 kasus. Tapi dari 318 kasus itu yang ditangani oleh UPTD ada 114 kasus," katanya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Luthpiah bahwa dari 114 kasus tersebut terdata kasus yang paling banyak adalah kasus anak.

Kekerasan psikis lebih banyak dialami oleh anak-anak di mana terdata di 2021 sebanyak 63 kasus, dan kekerasan seksual sebanyak 49 kasus.

"Sementara untuk kekerasan psikis untuk anak-anak di tahun 2020 terdata ada 59 kasus dan seksual sebanyak 53 kasus," katanya.

Disisi lain, diungkapkan olehnya bahwa dengan kasus yang terjadi saat ini, Luthpiah melihat bahwa ini menjadi kekhwatiran bersama bagaimana dengan generasi yang akan datang jika kasus kekerasan semakin tahun semakin meningkat.

"Ini bukan hanya menjadi tanggungjawab dinas pemberdayaan perempuan dan anak tapi tanggungjawab kita semua. Ini di mulai dari keluarga. Kami selalu menyampaikan bahwa dalam menyikapi ini semua harus menciptakan ketahanan keluarga masing-masing maka angka kekerasan bisa di tekan," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved