Breaking News:

Dirlantas Polda Jambi Tegaskan Truk Batu Bara Over Loading akan Ditindak

Dirlantas Polda Jambi, Kombes Pol Heru Sutopo mengaku akan menindak tegas truk batu bara yang melebihi kapasitas muatan atau over loading.

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
tribunjambi/aryo tondang
Ditlantas Polda Jambi saat menggelar razia di kawasan Terminal Retribusi Talang Gulo, Kota Jambi, Senin (22/11/2021) malam. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dirlantas Polda Jambi, Kombes Pol Heru Sutopo mengaku akan menindak tegas truk batu bara yang melebihi kapasitas muatan atau over loading.

Heru meminta dengan tegas, agar para transportir, pengusaha batu bara untuk mencatat dan memperhatikan aturan tersebut.

"Kami akan tindak tegas, tidak ada yang main-main dengan aturan ini," tegas Heru, saat menggelar razia di kawasan Terminal Retribusi Talang Gulo, Kota Jambi, Senin (22/11/2021) malam.

Saat ini, kata Heru Ditlantas Polda Jambi dan jajaran selalu mewanti-wanti setiap pelanggaran yang dilakukan truk batu bara ini.

Kelebihan muatan ini, kata Heru, faktor kuat terjadinya kecelakaan, serta gangguan lalu lintas sepanjang jalan.

Dimana, dengan kondisi truk yang Over Loading rawan menyebabkan kerusakan, mulai dari patah as, rem blong, dan terprosok.

"Jadi setelah saya tanya-tanya sopirnya, mereka lebihnyaman dengan muatan 8 ton yang sesuai aturan, daripada lebih dari situ," bilangnya.

Namun demikian, Heru juga mengimbau agar para pengusaha batu bara untuk meningkatkan kesejahteraan para sopir, agar tidak kemudian para sopir nekat melanggar aturan.

"Naikkan kesejahteraan para sopir, tidak semata-mata mengejar produksi dan juga mengutamakan keselamatan dan fungsi jalan," jelasnya.

Dalam operasi Senin malam, 22 November 2021tersebut, kata Heru, pihaknya tidak menemukan adanya truk batu bara yang Over Loading.

"Tadi sama-sama telah kita lakukan pencegahan dan pengecekan terhadap kendaraan truk, yang rata-ratanya setelah kita cek, belum kita jumpai ada yang melanggar," bilangnya.

Heru juga mengungkapkan, pada dua hari lalu, dirinya bersama Kapolda Jambi telah melakukan pengecekan di beberapa titik lintasan kendaraan batu bara.

"Sepanjang perjalanan kita temukan dua kendaraan yang patah As, termasuk yang di Simpang Gado-Gado, Kota Jambi, dan yang terperosok ada satu truk, ini berarti, dengan muatan yang overload itu cenderung bisa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban lalu lintas, seperti patah As, terperosok serta tidak berfungsinya rem dengan baik, itu bisa mengakibatkan kecelakaan," tutupnya.

Baca juga: Puluhan Truk Angkutan Batu Bara Ditilang Saat Melintasi Kabupaten Batanghari, Ini Pelanggarannya

Baca juga: Gubernur Jambi Berharap Tambang Batu Bara Bisa Berjalan Lancar Dengan Kesepakatan Baru

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved