Breaking News:

3 Bupati Sepakati Pembangunan Jalan Penghubung Riau - Tanjab Timur

Tiga bupati menyepakati pembangunan akses darat dari Tembilahan, Riau ke Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat hingga ke Muara Sabak Tanjab Timur.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
istimewa
Tiga bupati menyepakati pembangunan akses darat dari Tembilahan, Riau ke Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat hingga ke Muara Sabak Tanjab Timur. 

Laporan wartawan Tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Tiga bupati menyepakati pembangunan akses darat dari Tembilahan, Riau ke Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat hingga ke Muara Sabak Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Kesepakatan itu ditandatangani di kantor Bupati Inhil di Tembilahan, Selasa (23/11/2021).

Dalam penandatangan kesepakatan tersebut diikuti Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto, Bupati Inhil HM Wardan dan Bupati Tanjab Barat H Anwar Sadat. Namun karena kondisi kesehatan yang belum pulih, Anwar Sadat diwakili Kepala Bappeda Firdaus Khatab. 

Kerjasama ini untuk memotong jarak tempuh yang dianggap terlalu jauh. Dengan terbukanya akses baru nanti, diharapkan akses orang dan barang dari dan ke daerah masing-masing semakin efisien. 

Saat ini pergerakan orang dan barang dari Tembilahan ke Jambi masih harus memutar via jalan lintas timur sejauh 270 Km. Jika tujuannya Muara Sabak maka akan bertambah 54 Km lagi. 

Sedangkan untuk ke Kuala Tungkal masih ditambah sekitar 125 Km lagi. Sementara pilihan paling ekonomis saat ini, dari Tembilahan ke Kuala Tungkal atau ke Muara Sabak masih via jalur perairan.

Baca juga: PLN Data Desa di Tanjab Timur yang Belum Teraliri Listrik

“Dengan akses darat yang kita rencanakan ini akan memotong sekitar 150 Km lebih dekat,” kata bupati Tanjabtim Romi Hariyanto.

Dengan kerjasama tersebut, dirinya berharap dengan akses baru ini hubungan ekonomi ketiga wilayah bisa makin bergairah. Selama ini lanjut Romi, hubungan dagang antar warga Tanjabtim dan tembilahan cukup ramai. 

Bupati Inhil HM Wardan, menuturkan banyak pedagang Tembilahan berdagang ke Tanjab Barat dan Tanjab Timur, begitu juga sebaliknya. 

Hasil bumi Inhil cukup banyak yang dibawa ke Jambi khususnya Tanjab Barat dan Tanjab Timur. Harapan Wardan dengan akses baru nanti pasokan beberapa komoditi dari Tanjab Timur dan Tanjab Barat juga bisa lebih lancar ke Tembilahan. 

"Dengan jumlah penduduk Inhil yang berkisar 740 ribuan, merupakan pasar strategis untuk berbagai komoditas dari Tanjabtim dan Tanjabbar," ujarnya.

Baca juga: KONI Tanjab Barat Disiram Anggaran Rp 2 Miliar, Syarifuddin: Tidak Cukup

Dalam sambutannya di depan para kepala SKPD tiga kabupaten, Romi menegaskan bahwa rencana tersebut harus diwujudkan segera. 

Untuk tanggung jawab besar seperti pembangunan jembatan Pengabuan yang menjadi penghubung utama, Romi mengajak ketiga Pemkab berupaya berjuang keras agar ada support dari APBN. 

MoA hari ini dimulai dengan kerjasama antar sejumlah SKPD seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan Dinas Pendidikan. (usn)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved