Breaking News:

Berita Batanghari

Sepanjang 2021 Dinsos Batanghari Bantu Pulangkan 7 Orang Terlantar ke Keluarganya

Sepanjang tahun 2021 Dinas Sosial Batanghari memulangkan 7 orang terlantar kepada keluarganya...

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Musawira/tribunjambi
Fauzan Azhari selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batanghari. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Dinas Sosial Kabupaten Batanghari sepanjang 2021 ini membantu mengembalikan tujuh orang yang terlantar kepada keluarganya.

“Orang terlantar yang pernah berada di Kabupaten Batanghari sepanjang tahun ini tercatat di kita sebanyak tujuh orang. Asalnya bervariasi ada yang dari Provinsi Lampung, Sumbar dan paling dekat dari Kabupaten Sarolangun,” kata Fauzan Azhari Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batanghari, Senin (22/11/2021).

Ia mengaku tujuh orang terlantar yang pihaknya terima diantar oleh pihak kepolisian namun ada juga berdasarkan informasi dari masyarakat.

“Setelah kita kerjasama dengan pihak kepolisian mereka yang terlantar diintrogasi setelah mendapat tujuan, baru kita kirim ke daerah asalnya,” katanya.

Ia menyebut anggaran penanganan orang terlantar dibebankan oleh APBD Kabupaten Batanghari. Pada tahun ini sebelum perubahan Rp 49.788.020 setelah terkena refocusing menjadi Rp 26.279.170. Nilai ini kata dia tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya yakni Rp 26.369.125 setelah terkena refocusing.

Anggaran tersebut diperuntukan terhadap penanganan orang terlantar, orang gila terlantar dan mayat terlantar.

“Kita pernah membiayakan orang terlantar dengan tujuan ke Bekasi, dengan biaya Rp 450 ribu, satu orang,”

“Mereka yang terlantar alasannya adalah kehabisan uang untuk melanjutkan perjalanannya namun ada juga yang sedang mencari alamat keluarganya, tapi keluarganya sudah tidak berada di tempat,” ucapnya.

Sementara itu, ia menyatakan ada mayat terlantar dari RSUD Hamba Muara Bulian sudah pihaknya kebumikan yang berasal dari Kabupaten Musi Banyuasin.

“Kita keluarkan biaya satu kali pemakaman Rp 2.5 juta, kita kebumikan di TPU tedekat. Untuk 2020 lalu ada 14 orang terlantar yang sudah kita pulangkan ke daerah tujuannya,” pungkasnya.

Baca juga: KNPI Tebo Beri Bantuan Kepada Nenek Terlantar Berusia 80 Tahun

Baca juga: Ternyata Rudi yang Terlantar di Simpang Pauh Masih Memiliki Ayah, Tapi Enggan Merawatnya

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved